Rifki, Mukhammad (2025) STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS PADA PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RELIGI DALAM PARIWISATA BERKUALITAS DI MASJID AGUNG DEMAK. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100120_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100120_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (23kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100120_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100120_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya obyek wisata religi Masjid Agung Demak dari tahun ke tahun, menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi bisnis dalam pengembangan objek wisata religi apakah pengelola telah mencapai standar keunggulan sesuai dengan Teori Relationship Management.
Penelitian ini mengadopsi paradigma interpretif, yang menekankan pemahaman makna melalui empati individu terhadap aktivitas tertentu serta mengakui berbagai penafsiran dan analisis. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan kerangka Relationship Management Theory.
Penelitian ini mengidentifikasi lima strategi utama yang diterapkan pada pengembangan objek wisata religi dalam pariwisata berkualitas : penataan pedagang UMKM, pengembangan objek wisata religi, proses perencanaan pengembangan objek wisata religi, model pengelolaan wisatawan, strategi humas dalam mempromosikan wisata religi. Para Stakeholder wisata religi Masjid Agung Demak berhasil menerapkan prinsip dasar manajemen relasi. Dengan teori relationship management menerapkan 6 (Enam) Model Komunikasi, yaitu SMARTS yaitu; Scan (analisis atau memonitor lingkungan); Map (perencanaan atau mendesain tujuan); Act (memproduksi atau melakukan inisiatif dan mengujinya; Rollout (implementasi atau membuat program); Track (mengevaluasi keberhasilan inisiatif); dan Steward (menyesuaikan atau memonitor dan menjaga kualitas relasi)..
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Bisnis, Objek Wisata Religi, Masjid Agung Demak, Pariwisata Berkualitas, Relationship Management Theory, SMARTS Model.

Dosen Pembimbing: Aristhya, Inhastuti | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40651

Actions (login required)

View Item View Item