Burhanudin, Syarif (2025) PERSEPSI PUBLIK TENTANG BRAND AWARENESS PRODUK JERSEY TIMNAS INDONESIA ERSPO DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100111_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100111_fullpdf.pdf |
Abstract
Kontroversi yang muncul terkait peluncuran jersey timnas Indonesia yang diproduksi oleh brand Erspo. Sebagai brand apparel yang menggantikan merek sebelumnya, brand Erspo mendapat berbagai komentar negatif dari masyarakat. Banyak yang menilai bahwa desain visual jersey produksi brand Erspo kurang menarik dibandingkan dengan desain dari brand sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi publik Kota Semarang terhadap brand awareness produk jersey timnas Indonesia yang diproduksi oleh brand Erspo.Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis, yang menyatakan bahwa individu menginterpretasikan dan bereaksi atau merespon sesuatu menurut kategori konseptual dari pikiran. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Menggunakan kerangka Teori Social Judgement dan konsep brand awareness.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi yang terbentuk dalam benak publik Kota Semarang terhadap brand awareness produk jersey timnas Indonesia brand Erspo dinilai sudah positif dan beragam sesuai dengan latar belakang atau faktor lainnya yang berasal dari individu publik Kota Semarang maupun faktor dari luar. Kemudian didapatkan juga bahwa tingkatan brand awareness publik Kota Semarang tentang produk jersey timnas Indonesia brand Erspo saat ini sudah berada pada tingkat Top of Mind, yaitu tingkatan tertinggi pada pengukuran brand awareness. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa brand Erspo telah berhasil membentuk brand awareness yang kuat di kalangan publik Kota Semarang, meski masih tergolong sebagai brand baru di pasar apparel olahraga nasional. Saran yang dapat diberikan agar brand Erspo lebih mengoptimalkan penggunaan media sosial, khususnya dalam mendekatkan diri dengan publik melalui respons terhadap komentar dan interaksi lain saat peluncuran produk baru. Selain itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperdalam pemahaman mengenai persepsi publik dalam pembentukan brand awareness dan brand image, baik dari perusahaan besar maupun UKM, serta memanfaatkan platform media sosial secara lebih strategis.
Kata Kunci: Persepsi Publik, Brand Awareness, Social Judgement, Brand Erspo, Jersey.
Dosen Pembimbing: | Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40648 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |