Dhaniaturiza, Rahmadani (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT APAC INTI CORPORA DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100081_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100081_fullpdf.pdf |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi komunikasi yang diterapkan dalam program Corporate Social Responsibility PT Apac Inti Corpora dalam membangun citra perusahaan di tengah kebijakan efisiensi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan pada program Corporate Social Responsibility dalam membangun citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma kontruktivisme. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Strategi Public Relations. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa perencanaan strategis yang meliputi menentukan masalah (defining the problem), perencanaan dan penyusunan program (planning and programming), melakukan tindakan dan berkomunikasi (taking action and communicating), dan evaluasi program (evaluation the program memiliki pengaruh yang signifikan dalam upaya membangun citra perusahaan. Namun, pemberdayaan masyarakat melalui program CSR masih belum terlaksana dengan baik sehingga menciptakan komunikasi yang tidak seimbang. Oleh karena itu, penting bagi PT Apac Inti Corpora dalam meningkatkan strategi komunikasi yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi untuk mempertahankan eksistensi citra yang positif. Publik akan menilai atas apa yang mereka lihat, dengar, atau alami terhadap program yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi asimetris dua arah (Two-Way Assymetrical) kurang efektif bagi perusahaan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat karena masyarakat harus menyesuaikan atas apa yang ditetapkan perusahaan. Keterbatasan dalam penelitian ini ada pada perbedaan karakteristik dan wilayah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga hasil dari penelitian ini tidak dapat digunakan di wilayah industri lainnya.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Two-Way Asymmetrical, Corporate Social Responsibility
Dosen Pembimbing: | Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:45 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |