Zahra, Naura Firdausya (2025) PENGARUH TERPAAN IKLAN GOJEK VERSI EMAK HEMAT DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA GOJEK DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100076_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (188kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100076_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100076_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan dalam industri layanan transportasi online di Indonesia. Gojek, sebagai pelopor pertama layanan transportasi online di Indonesia membuat strategi pemasaran berbeda dari kompetitor seperti Grab dan Maxim yang menerapkan strategi pemasaran modern dan agresif. Untuk tetap mempertahankan posisinya di pasar, Gojek berupaya membuat iklan menarik. Iklan ini tidak hanya menampilkan pesan kreatif, tetapi juga didukung dengan strategi sales promotion yang bertujuan untuk mendorong konsumen dalam mengambil keputusan menggunakan layanan Gojek. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Gojek versi Emak Hemat dan sales promotion terhadap keputusan pelanggan dalam menggunakan jasa Gojek di Kota Semarang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu advertising exposure theory. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling kepada 100 responden yang merupakan pelanggan Gojek di Kota Semarang. Uji perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 26 untuk menguji data statistik.
Hasil uji validitas dan reliabilitas seluruh item kuesioner menunjukkan bahwa semua item dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian, hasil uji T menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan dan sales promotion secara parsial berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pelanggan. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan dan sales promotion secara simultan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pelanggan. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama mampu menjelaskan variasi keputusan pelanggan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa teori advertising exposure terbukti relevan karena mampu menjelaskan bahwa semakin tinggi terpaan iklan Gojek versi Emak Hemat dan semakin menarik bentuk sales promotion yang ditawarkan, maka semakin besar juga keinginan pelanggan dalam membuat keputusan menggunakan layanan Gojek di Kota Semarang. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan Gojek versi Emak Hemat dan Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan dalam menggunakan jasa Gojek di Kota Semarang.

Kata Kunci : Terpaan Iklan, Sales Promotion, Keputusan Pelanggan

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:43
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40641

Actions (login required)

View Item View Item