Saputri, Marshella Oktabrina (2025) PENGARUH DAYA TARIK PERSONAL INFLUENCER RANIA YAMIN TERHADAP MINAT BERKAIN DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA FOLLOWERS TIKTOK @RANIAAYAMIN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100054_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100054_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (68kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100054_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100054_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya preferensi dan cara berpakaian masyarakat saat ini yang perlahan mulai banyak dipengaruhi oleh dominasi budaya barat sehingga terjadi penurunan eksistensi kain tradisional sebagai identitas budaya Indonesia. Rania Maheswari Yamin hadir sebagai salah satu fashion influencer yang membagikan konten berkain melalui akun media sosial Tiktok @raniaayamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik influencer Rania Yamin terhadap minat berkain dan kepercayaan diri followers Tiktok @raniaayamin. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu rethorica theory. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik probability sampling kepada 100 responden yang merupakan followers Tiktok @raniaayamin. Uji perhitungan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi liner sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 27 untuk menguji data statistik.
Hasil uji validitas dan reabilitas seluruh item kuesioner menunjukan bahwa semua item dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini menujukan bahwa 41% minat berkain dipengaruhi oleh daya tarik Influencer. sedangkan sisa sebanyak 59%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dan 30,1% kepercayaan diri dipengaruhi oleh daya tarik influencer sedangkan sisa sebanyak 69,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kemudian hasil uji T menunjukan bahwa variabel daya tarik Influencer secara signifikan berpengaruh positif pada minat berkain dan kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukan bahwa teori retorika terbukti relevan karena mampu menjelaskan bahwa semakin tinggi daya tarik influencer, maka akan semakin besar juga minat berkain dan kepercayaan diri followers Tiktok @raniaayamin. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik influencer Rania Yamin berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkain dan kepercayaan diri followers @raniaayamin.

Kata Kunci : Daya Tarik Influencer, Minat Berkain, Kepercayaaan Diri

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:41
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40639

Actions (login required)

View Item View Item