Ambarwana, Laili (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100068_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100068_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (544kB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100068_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100068_fullpdf.pdf

| Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh model pembelajaran problem
based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al Fattah. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al Fattah.
Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental design. Desain yang
diterapkan adalah desain Nonequivalent group design, dengan menggunakan
pretest dan posttest sebagai metode pengumpulan data. populasi dan sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al Fattah
denganmenerapkan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian,
terdapat pengaruh dari model pembelajaran problem based learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretest
sebesar 10,05 dan nilai rata-rata posttest sebesar 13,84 serta hasil perhitungan
stastitik di peroleh thitung = 3.866 dan ttabel 0.38 dan nilai sig. (2-tailed) diperoleh
< 0.001. maka diperoleh sig. (2-tailed) < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima
yang artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning
berbantuan aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Islam Al Fattah.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Wordwall, IPAS

Dosen Pembimbing: SARI, YUNITA | nidn0602068401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 03:23
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item View Item