NURJANAH, TITA NIA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK CHOCOLATE CHARACTER “HEAVEN MELTY’’ DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100095_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100095_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100095_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100095_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh komunikasi pemasaran yang belum
efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi
pemasaran chocolate character heaven & melty dalam meningkatkan brand
awareness. adapun permasalahanya adalah Coklat Karakter Heaven Melty yang
merupakan produk kecil dan telah dikenal oleh banyak kota lain, namun ironisnya,
di daerah asalnya sendiri, produk ini belum banyak diketahui oleh masyarakat.
Padahal, coklat ini memiliki rasa dan variant yang unik sekaligus kualitas yang
baik, sehingga layak untuk dikenal dan dinikmati oleh lebih banyak orang
terutama dari asalnya sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif dan menggunakan paradigma interpretif. Teori yang
menjadi landasan penelitian ini adalah teori Integrate Marketing Communication
(IMC) dan konsep marketing mix 4p.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran PT
Heaven Melty efektif untuk meningkatkan brand awareness melalui periklanan,
promosi penjualan, jalinan hubungan dengan konsumen, Digital marketing, dan
Content marketing. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah keterbatasan
teori, penelitian ini hanya menggunakan teori integrated marketing
communication. Keterbatasan ini dapat mengurangi kedalaman analisis, karena
tidak mempertimbangkan teori-teori lain yang mungkin relevan untuk memahami
berbagai dinamika yang terjadi dalam konteks komunikasi pemasaran chocolate
character heaven & melty dalam meningkatkan brand awareness. Penelitian
selanjutnya disarankan untuk dilakukan secara lebih komprehensif dan
mempertimbangkan teori lain atau menggunakan metode kuantitatif untuk
menghasilkan data yang lebih representatif.

Kata kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Chocolate Character Heaven
Melty, Brand Awareness

Dosen Pembimbing: MUBAROK, FIKRI SHOFIN | nidn0609048301
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 04:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40400

Actions (login required)

View Item View Item