AFIFATURROHMAH, FATIKHA (2025) STRATEGI PEMASARAN BRAND KIPASOAK DALAM MEMPERKUAT IDENTITAS KEARIFAN LOKAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100041_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100041_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100041_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Brand Kipasoak (KAOS APIK),
toko kaos branded asal Kabupaten Pati yang berhasil menjadi tren di antara distro
lain di daerah tersebut. Brand ini mampu menarik minat masyarakat, baik di dalam
maupun di luar Kabupaten Pati, dengan desain kaos yang unik dan autentik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Brand Kipasoak
dalam mempertahankan eksistensinya sebagai pelopor desain kaos khas Pati di
tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Metode yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam (depth interview). Paradigma
yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan
teori Integrated Marketing Communication (IMC) serta konsep Marketing Mix,
yang mencakup aspek produk, harga, distribusi dan promosi dalam strategi
pemasaran Brand Kipasoak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Kipasoak berhasil memanfaatkan
elemen budaya lokal Pati, seperti dialek khas dalam desain dan pemasarannya. Kaos
dengan desain berbasis dialek Pati menjadi simbol identitas masyarakat lokal serta
mereka yang tinggal di luar daerah. Strategi komunikasi yang digunakan, seperti
pemanfaatan media sosial dan desain edukatif berbasis kutipan Al-Qur’an,
meningkatkan popularitas dan kepercayaan masyarakat terhadap brand ini.
Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan sampel yang masih terbatas pada
wilayah tertentu, sehingga belum dapat menggambarkan strategi pemasaran
Kipasoak di tingkat nasional. Selain itu, penelitian ini hanya berfokus pada
perspektif internal perusahaan tanpa menggali lebih dalam pandangan konsumen
terhadap efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian selanjutnya
disarankan untuk mengeksplorasi penerapan perlindungan Hak Kekayaan
Intelektual (HKI) dalam industri kreatif berbasis lokal serta adaptasi tren global
tanpa mengesampingkan elemen budaya lokal yang menjadi ciri khas Brand
Kipasoak.
Kata Kunci: Brand Kipasoak, Strategi Pemasaran, Kearifan Lokal, Loyalitas
Konsumen

Dosen Pembimbing: ADNJANI, MADE DWI | nidn0621067101
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2025 04:10
Last Modified: 22 May 2025 04:10
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40380

Actions (login required)

View Item View Item