Ismawati, Euis Nur (2025) STRATEGI SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONING PROGRAM “SORE CERIA” PRO2 FM LPP RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PADA PENDENGAR RADIO GENERASI Z. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100036_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100036_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100036_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (167kB)

Abstract

Program sore ceria merupakan program yang disiarkan oleh PRO2 FM
LPP Radio Republik Indonesia (RRI) untuk generasi Z. Di tengah kompetisi yang
ketat diantara media digital, program “Sore Ceria” harus mampu bertahan dan
mencari inovasi baru agar tetap tumbuh dan maju. Sehingga, dibutuhkan strategi
Segmenting, Targeting dan Positioning yang tepat agar bisa mencapai target
audiens yang diharapkan dan menonjolkan hal beda (Differentiation) yangtidak
dimiliki oleh program acara radio lain. Penelitian ini bertujuan untuk
menggambarkan Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning yang dilakukan
oleh Program “Sore Ceria” dari PRO2 FM LPP Radio Republik Indonesia (RRI)
Semarang pada pendengar Radio Generasi Z. Menggunakan Teori Niche atau Teori
Ekologi Media yang menganalogikan bahwa fenomena kompetisi antara industri
media sebagai suatu proses ekologis. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan dua
informan dari RRI Pro2 Semarang..
Implementasi strategi segmenting program sore ceria menggunakan
pendekatan berbasis data dan interaksi langsung dengan audiens. Strategi lainnya
adalah membagi segmen berdasarkan minat audiens. Dalam strategi Targeting,
selain menjadikan Gen Z sebagai fokus utama, program sore ceria juga membuka
ruang bagi audiens lain seperti generasi milenial muda untuk menjangkau audiens
yang lebih luas. Dengan menggunakan strategi multiplatform, program sore ceria
bisa menjangkau audiensnya dan memungkinkan audiens bisa menikmati program
siaran yang lebih fleksibel. Program sore ceria tidak hanya hadir di siaran radio
tradisional tetapi juga hadir di podcast on-demand melalui aplikasi RRI Digital
dan Instagram. Dalam strategi positioning, program sore memosisikan dirinya
sebagai program yang relavan dengan gaya hidup Gen Z melalui gaya
penyampaian yang santai dan interaktif. Program Sore ceria memanfaatkan
keunikan pendekatannya dengan memanfaatkan fitur Music Live Request sebagai
diferensiasi fitur interaksi langsung dengan audiens. Keunikan lainnya juga
diperkuat dengan kolaborasi dengan influencer atau tokoh muda inspiratif yang
dekat dengan Gen Z. Dengan menggabungkan berbagai elemen ini, Sore Ceria
berhasil memosisikan dirinya sebagai program yang tidak hanya kompetitif tetapi
juga relevan dan berkelanjutan. Penelitian hanya menggunakan satu teori, untuk
penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperdalam strategi yang digunakan
menggunakan teori yang lain agar mendapatkan pemahaman yang lebih luas.
Kata kunci : segmenting, targeting, positioning, niche, ekologi media

Dosen Pembimbing: ADNJANI, MADE DWI | nidn0621067101
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2025 04:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40378

Actions (login required)

View Item View Item