Hadinigrum, Laura (2025) PENGARUH TERAPI TEHNIK HIPNOTIS LIMA JARI TERHADAP TINGKAT STRES PADA SISWA-SISWI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| 
              
Text
 Ilmu Keperawatan_30902100118_fullpdf.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 Ilmu Keperawatan_30902100118_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only  | 
          
Abstract
Latar Belakang: Masa remaja merupakan periode peralihan
perkembangan yang melibatkan perubahan fisik, biologis,sosio-emosional,
dan kognitif. Proses peralihan ini sering kali menimbulkan stres akademik.
Sehingga diperlukan terapi tehnik hipnotis lima jari untuk membantu
siswa-siswi SMA mengelola stres secara efektif.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen
pre-post test. Dengan 40 responden, terdiri dari 20 kelompok intervensi
dan 20 kelompok kontrol. Menggunakan teknik consecutive sampling.
Data dianalisis dengan uji marginal homogeneity dan uji mann-whitney.
Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan melibatkan 40 siswa – siswi SMA
yang memiliki tingkat stres sedang – berat, analisis statistik menggunakan
uji marginal homogeneity mengungkapkan adanya pengaruh tehnik
hipnotis lima jari pada tingkat stres siswa-siswi SMA pada kelompok
perlakuan, p-value 0,001 yang berarti ada perbedaan tingkat stres pada
siswa-siswi SMA antara sebelum dan setelah pemberian tehnik hipnotis
lima jari.   
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara
pemberian tehnik hipnotis lima jari dengan tingkat stres
Kata Kunci: Tingkat stres, Hipnotis lima jari, Remaja
| Dosen Pembimbing: | FEBRIANA, BETIE | nidn0623028802 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 16 May 2025 03:16 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39531 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
