ROZAK, SOFYAN ABDUL (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RSIGM SULTAN AGUNG DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PASIEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000112_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000112_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000112_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000112_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (183kB)

Abstract

Persaingan dalam industri jasa kesehatan yang semakin ketat menuntut setiap
institusi memiliki keunggulan kompetitif. RSIGM Sultan Agung Semarang, meski
telah menunjukkan perkembangan positif dengan berbagai prestasi, akreditasi, dan
fasilitas Dental Specialist Center yang lengkap, masih menghadapi tantangan
rendahnya brand awareness di masyarakat akibat kurangnya upaya promosi.
Situasi ini menekankan pentingnya membangun strategi komunikasi pemasaran
yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kepercayaan masyarakat terhadap
layanan kesehatan gigi yang ditawarkan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Rumah Sakit Islam Gigi dan
Mulut (RSIGM) Sultan Agung Semarang dalam meningkatkan brand awareness
pasien. Penelitian ini menggunakan teori IMC (Integrated Marketing
Communication) Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif
dengan mengintegrasikan data primer yang diperoleh melalui wawancara
mendalam dengan informan, serta data sekunder dari kajian literatur berupa jurnal,
artikel ilmiah, buku, dan hasil penelitian sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSIGM Sultan Agung telah
mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) yang
komprehensif dalam upaya meningkatkan brand awareness calon pasien,
mencakup periklanan, promosi, hubungan masyarakat, event, dan pemasaran
langsung. Dalam era digital, rumah sakit ini aktif memanfaatkan platform media
sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, dilengkapi dengan layanan
WhatsApp hotline, serta berencana mengembangkan layanan telemedicine pada
tahun 2025. Strategi promosi diperkuat melalui penyelenggaraan berbagai event
seperti pemeriksaan gigi gratis dan kegiatan edukasi yang bertujuan meningkatkan
engagement dengan masyarakat. Meskipun lokasi di tepi laut dan jauh dari pusat
kota, RSIGM berhasil mengatasinya melalui pemetaan strategis di daerah Pantura
dan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi & komunitas lokal. Keunggulan
RSIGM sebagai rumah sakit gigi dan mulut syariah pertama yang terakreditasi di
Indonesia diperkuat melalui praktik komunikasi dan pelayanan yang selaras dengan
nilai-nilai Islam. Hal ini secara efektif memperkuat positioning institusi ini di mata
masyarakat.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Integrated
Marketing Communication, Digital Marketing, Sosial Media

Dosen Pembimbing: ADNJANI, MADE DWI | nidn0621067101
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:00
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38381

Actions (login required)

View Item View Item