Linggasari, Novi Yundhi (2024) STRATEGI POSITIONING RADIO SLAWI FM DI ERA KONVERGENSI MEDIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800059_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800059_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800059_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (209kB)

Abstract

Penelitian berawal dari adanya fenomena tentang eksistensi radio terhadap
minat pendengar yang semakin pudar. Namun, tidak berlaku untuk Radio Slawi
FM, yang keberadaannya sampai sekarang masih eksis dan disegani banyak orang
terutama para remaja. Tujuan yang diharapkan penelitian ini yaitu guna mengetahui
“ Stategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media”. Jenis penelitian
kualitatif melalui pendekatan deskriptif yang dipakai pada penelitian ini. Penelitian
ini menggunakan teknik mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.

Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media mencakup
beberapa tahap. Pertama, proses penyiaran Radio Slawi FM sesuai dengan
ketetapan yang sudah diberlakukan. Kedua, gaya komunikasi penyiar didasarkan
pada teknik siaran edukatif, informatif, dan persuasif yang berlainan dan memiliki
kekhasan sendiri-sendiri. Ketiga, strategi Radio Slawi FM dalam menarik minat
pendengar.dengan memformulasikan komunikator (penyiar), media, dan pesan.
Penyiar selalu menyisipkan pesan yang bertujuan memotivasi agar menarik
pendengarnya. Penyebarluasan siaran radio dilakukan penyiar dengan
memanfaatkan media sosial seperti youtube, facebook dan instagram. Keberhasilan
penelitian ini dapat dilihat dari respon pendengar Radio Slawi FM. Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh bukti yang menunjukkan bahwa “Strategi Positioning
Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media” berhasil menarik minat pendengar.
Strategi yang dilakukan penyiar saat membawakan program siaran membuat para
pendengar terhipnotis dan tertarik. Penyiar yang selalu bisa akrab dengan
pendengarnya inilah yang paling membuat pendengar merasa nyaman.
Kata kunci : Strategi Positioning, Radio. Konvergensi Media

Dosen Pembimbing: MULYADI, URIP | nidn0608109001
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38363

Actions (login required)

View Item View Item