Cahyoadi, Tunggal (2024) IMPLEMENTASI PENDAFTARAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Hukum_30302100341_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Hukum_30302100341_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pendaftaran tanah merupakan hal yang krusial, karena bertujuan untuk kepastian
hukum dengan memberikan bukti kepemilikan atas suatu bidang tanah
berupa sertifikat tanah. Hal ini sangat penting untuk menghindari sengketa kepemilikan
di kemudian hari. Pendaftaran sertifikat tanah ini dilaksanakan oleh
Kantor Pertanahan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia, termasuk di
Kabupaten Kendal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan
implementasi pendaftaran sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten
Kendal, serta untuk mengetahui dan menganalisis hambatan dalam implementasi
pendaftaran sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal berikut
upaya penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis
sosiologis, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui
wawancara dan studi kepustakaan, kemudian dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi pendaftaran sertifikat tanah di
Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal melalui beberapa tahapan dan syarat yang
harus dipenuhi oleh pemilik tanah. Pendaftaran tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten
Kendal dapat dilakukan secara manual dan melalui Pendaftaran Tanah
Sistematis Lengkap (PTSL); (2) hambatan dan upaya penyelesaian dalam implementasi
pendaftaran sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal,
terdiri dari hambatan yang berasal dari: (a) Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal,
yakni: (i) keterbatasan sumber daya manusia, sehingga perlu pelatihan dan
pengembangan kapasitas bagi serta penambahan petugas, (ii) keterbatasan infrastruktur,
sehingga
perlu
pengadaan
fasilitas
dan
pengembangan
sistem
informasi
yang
efektif,
(iii)
keterbatasan
sarana
dan
prasarana,
sehingga
perlu
pengumpulan
data
yang
akurat
dan
pengadaan
alat
ukur
yang
canggih,
(iv)
keterbatasan
biaya,
sehingga
perlu memanfaatkan teknologi informasi dan mengajukan permintaan
bantuan dari pemerintah, (v) keterbatasan komunikasi, sehingga perlu sosialisasi
dan menggunakan media sosial untuk menyampaikan informasi pendaftaran
tanah, serta (vi) keterbatasan struktur birokrasi, sehingga perlu mengembangkan
struktur birokrasi yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan kerjasama
antar instansi; (b) masyarakat Kabupaten Kendal, yakni: (i) kurangnya antusias
masyarakat, sehingga perlu sosialisasi yang intensif, (ii) keterbatasan berkas
warkah, sehingga perlu sosialisasi untuk meminta masyarakat untuk menyimpan
dan memelihara berkas warkah, (iii) batas administrasi desa belum lengkap,
sehingga perlu peninjauan dan penyesuaian batas administrasi, serta (iv) kurangnya
komunikasi,
sehingga
perlu
menggunakan
media
sosial
dan
metode
komunikasi
lainnya untuk
menyampaikan
informasi
tentang
proses
pendaftaran
tanah.
Kata
Kunci:
Kantor
Pertanahan,
Pendaftaran,
Sertifikat,
Tanah
Dosen Pembimbing: | Fitri, Dini Amalia | nidn0607099001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 04:40 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |