Khoirunnisa, Putri (2024) ANALISIS RESEPSI PENONTON PADA TAYANGAN YOUTUBE HAS CREATIVE PODCAST WARUNG KOPI (PWK) “Episode Demi Konten Habib Ja’far Mampir Warung Makan Babi”. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000090_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000090_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Podcast Warung Kopi (PWK) merupakan podcast yang memiliki konsep
unik dengan tema warung kopi. Penelitian ini membahas mengenai tanggapan
penonton terhadap tayangan YouTube Has Creative Podcast Warung Kopi (PWK)
dalam episode “Demi Konten Habib Ja’far Mampir Warung Makan Babi”. Episode
ini menampilkan seorang tokoh muslim yang toleran mengunjungi sebuah warung
makan babi, yang menjadi kontroversi mengingat aturan agama Islam yang
melarang memakan babi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi dari
penonton terhadap tayangan Podcast Warung Kopi (PWK) bersama Habib Ja’far.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
paradigma kontruktivisme. Teori yang digunakan yaitu teori Resepsi Stuart Hall
dan didukung dengan teori SOR (Stimulus, Organism, Respon), bahwa perubahan
perilaku disebabkan oleh kualitas stimulus (rangsangan) yang berkomunikasi
dengan organism (komunikan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
melalui wawancara dan observasi yang dianalisis menggunakan teknik Analisis
Resepsi Stuart Hall yakni Encoding dan Decoding.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan teori Stuart Hall,
penelitian yang dilakukan pada ketiga informan ini menghasilkan tiga (3) perspektif
berbeda. Dalam penerimaan mereka terhadap Podcast Warung Kopi (PWK)
bersama Habib Ja’far terdapat informan yang berada pada dominant hegemony
position, informan yang berada pada negotiated position, dan informan yang berada
pada oppositional position. Informan yang awalnya dominan dapat beralih ke posisi
negosiasi atau oposisi. Sebaliknya, informan yang awalnya negosiasi atau oposisi
dapat berubah dan mengambil posisi dominan. Hal ini menunjukkan bahwa
informan tidak sepenuhnya memahami dan merefleksikan resepsi dan artinya.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan ketiga informan
menggunakan teori dukungan SOR (Stimulus, Organism, Respon) ditemukan
respon kognitif dan respon afektif.
Kata Kunci: YouTube, Podcast Warung Kopi (PWK), Analisis Resepsi
Dosen Pembimbing: | Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:22 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36582 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |