Khoirunisak, Khoirunisak (2024) Representasi Perempuan Masa Kini Dalam Iklan YouTube (Analisis Semiotika Roland Barthes Versi “Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan”). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000057_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000057_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pada era digital ini iklan dapat dengan mudah diakses di berbagai platform
media, salah satunya yaitu melalui YouTube. Iklan selalu menampilkan
perempuan sebagai daya tarik. Wacana dalam iklan masih menampilkan posisi
perempuan yang tersubordinasi dan terbatasi geraknya pada ranah domestik saja.
Seiring dengan masifnya pergerakan perempuan, kini iklan mulai menerapkan
konsep kesetaraan dan keadilan jender dalam kampanyenya. Seperti pada iklan
YouTube Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan yang turut
menyuarakan hak-hak perempuan sebagai representasi dari feminisme perempuan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan paradigma konstruktivisme, kemudian menggunakan teknik
analisis data kajian semiotika Roland Barthes dengan konsep signifikasi dua tahap
(two order of signification) yaitu hubungan penanda dan petanda untuk
menghasilkan makna denotasi sekaligus konotasi, kemudian melihat aspek lain
yang mencakup unsur kebudayaan pada makna konotasi dan mitos. Hasil temuan
lalu diidentifikasi menggunakan teori feminisme posmodern. Hasil penelitian
menunjukan representasi perempuan masa kini dalam iklan ini terbagi menjadi 6
adegan yang menggambarkan perempuan sebagai pribadi yang bebas dalam
mengambil keputusan, pribadi yang tangguh, berani memimpin, dan menggerakan
kebaikan. Adegan ini memperkuat nilai-nilai feminisme posmodern, dimana
perempuan menciptakan bahasa atau wacananya sendiri untuk mendefinisikan
dirinya.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah pada makna denotasi sebagai
makna yang paling nyata pada tanda dalam iklan, terdapat 6 adegan makna yang
merepresentasikan perempuan masa kini yaitu kebebasan, ketangguhan,
keberanian dan kepemimpinan, serta perempuan sebagai penggerak kebaikan.
Makna konotasi sebagai makna yang tidak diungkapkan secara langsung, bersifat
subjektif, yaitu perempuan era sekarang telah mengalami perubahan dan mulai
meninggalkan nilai-nilai tradisional yang membatasi gerak perempuan. Mitos
yang merupakan hasil perluasan makna konotasi pada iklan ini adalah kebebasan,
independensi dan aktualisasi diri perempuan sebagai bentuk perlawanan dari
budaya patriarki yang membuat peran perempuan termarginalkan.
Kata Kunci : Representasi, Semiotika, Iklan, Feminisme
Dosen Pembimbing: | Kurdaningsih, Dian Marhaeni | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 07:11 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |