Adibah, Fathiyatun Najwa (2024) PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS UMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG PADA KONTEN “JAWAB KOMENTAR KAMU” DAN “DGMSHARING” DI INSTAGRAM UNTUK MENCEGAH PENYAKIT DI AREA GIGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000040_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000040_fullpdf.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802000040_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802000040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (123kB)

Abstract

Peran Humas dalam membangun citra perusahaan sangat diperlukan,
terlebih lagi perusahaan yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Dekan
dukungan penuh , humas selalu menerapkan beberapa strategi mereka agar
kesadaran masyarakat terus meningkat berupa kerjasama internal dalam menyusun
konten edukasi yang maksimal. Selain itu, didukung dengan berkembangnya media
sosial saat ini juga sangat berpengaruh dalam merencanakan strategi yang tepat agar
konten terus berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui
alasan informasi yang disampaikan pada postingan Instagram “jawab komentar
kamu” dan “DGM Sharing” dapat memperluas akses kepada masyarakat atau
tidaknya, serta untuk untuk mengetahui peran humas dalam mengembangkan
strategi komunikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam.
Penelitian ini menggunakan teori public relation, teori uses and gratification, dan
strategi komunikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Humas RSIGM Sultan Agung terus
mengoptimalkan kualitas konten “jawab komentar kamu” dan “DGM Sharing” agar
konten tersebut dapat berkembang dengan mencari talent khusus agar tidak
mengalami masa vakum yang berkepanjangan. Sebagai bagian yang membuat dan
mengelola konten, humas perlu adanya kerja sama dengan talent khusus seperti
mahasiswa profesi kedokteran gigi atau koas dan dokter spesialistik sesuai dengan
kebutuhan yang direncanakan. Selain pemilihan talent khusus, pemilihan media
sosial juga sangat penting karena melihat kebutuhan masyarakat dalam mencari
informasi teng tepat. Maka dari itu, humas menentukan langkah awal atau strategi
agar konten berhasil dicerna dan dipublikasikan secara luas.

Kata Kunci: Pengembangan konten, perencanaan humas, pemilihan media yang
efektif.

Dosen Pembimbing: Mubarok, Fikri Shofin | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:26
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36508

Actions (login required)

View Item View Item