AURUNNISA, KHILDA (2024) ANALISIS DAMPAK GENTRIFIKASI PADA KAWASAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEMARANG TERHADAP PERUBAHAN FISIK SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000035_fullpdf.pdf] Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000035_fullpdf.pdf

| Download (6MB)
[thumbnail of Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000035_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Perencanaan Wilayah dan Kota_31202000035_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (131kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan
fisik, sosial, dan ekonomi di lingkungan sekitar yang dipengaruhi oleh
gentrifikasi di kawasan pendidikan Universitas Semarang. Gentrifikasi adalah
istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena perubahan spasial dan
komposisi sosial di suatu daerah yang disebabkan oleh peningkatan
pembangunan perumahan dan infrastruktur, yang sering kali mengakibatkan
perubahan pada demografi lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif untuk mengumpulkan data dari survei masyarakat lokal dan analisis
data sekunder dari pemerintah daerah. Temuan penelitian menunjukkan
bagaimana gentrifikasi di lingkungan pendidikan ini mempengaruhi perubahan
fisik seperti pertumbuhan rumah baru dan bangunan komersial. Kelompok
ekonomi yang lebih tinggi telah menggusur penduduk asli, menyebabkan
pergolakan sosial dan demografis. Dari segi ekonomi, nilai real estat telah
melonjak drastis.
Kata Kunci: gentrifikasi, kawasan pendidikan, perubahan fisik, perubahan
social, perubahan ekonomi

Dosen Pembimbing: Rochani, Agus | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Mahasiswa FT - Skripsi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Nov 2024 06:24
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36320

Actions (login required)

View Item View Item