RAMADHANI, MAGHFIRAH (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502000075_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000075_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502000075_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (82kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sultan Agung 4 Kota Semarang. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang artinya hasil penelitian berupa
deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan kesesuaian implementasi peran guru
pendidikan agama Islam di sekolah diperlihatkan dengan adanya pembelajaran
mengenai keimanan dan ketaqwaan dalam membangun pembangunan nasional
serta pendidikan yang baik. Berdasarkan daya tarik, untuk meningkatkan gairah
minat belajar siswa, maka guru harus bisa memberikan suasana kelas yang tanpa
dinamis dengan demikian guru PAI harus selalu memberikan motivasi kepada
setiap siswanya agar terjadi perubahan energi pada setiap siswa. Pemberian
motivasi dari guru bisa berupa motivasi nilai, hadiah ataupun pujian. Berdasarkan
efektivitas, guru sangat berperan mengemban tugas utamanya dalam mendidik
dan mengajar tugas utama seorang guru adalah mencangkup merancang
melaksanakan dan menilai suatu pembelajaran supaya mutu pembelajaran dapat
dilaksanakan dengan baik. Proses belajar yang efektif yaitu melaksanakan seluruh
aktivitas dan semua rancangan menghadiri kegiatan awal hingga kegiatan akhir
secara keseluruhan. Berdasarkan efisiensi, proses pembelajaran PAI yang efisien
adalah suatu pembelajaran yang dapat tercapai dengan baik secara efisien dari segi
waktu maupun kualitas belajarnya. Belajar yang efisien disajikan secara
menyenangkan dan mengikuti perkembangan zaman sehingga hal ini akan
disesuaikan dengan minat bakat serta perkembangan pisikolog. Berdasarkan
produktivitas, guru pendidikan agama Islam di SMP Islam empat sultan Agung
selalu berinovasi dengan adanya pengumpulan ide di setiap sub bab yang akan
disampaikan .
Kata kunci : Peran guru, Mutu Pembelajaran, Sekolah.

Dosen Pembimbing: Sholeh, M. Muhtar Arifin and Anwar, Khoirul | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:35
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36288

Actions (login required)

View Item View Item