PRATAMA, BINTANG SYUKRAN (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs INFARUL GHOY SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502000033_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000033_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502000033_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik
pada pembelajaran fiqih, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fikih di Mts
Infarul Ghoy Semarang, Serta bagaimana upaya guru dalam
mengimplementasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran di Mts Infarul
Ghoy, pada peroses pengembangan siswa melalui penerapan pendekatan saintifik
serta dampak penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fiqih. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang
bersifat deskritif dengan memilih lokasi di MTs Infarul Ghoy Semarang. Sumber
data dalam penelitian ini adalah guru fiqih kelas VIII dan IX. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Metode analisis data secara intraktif dengan melakukan reduksi
data, display data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik keabsahan data
menggunakan ketekunan pengamatan dan tringgulasi sumber. Dari hasil
penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan
pendekatan saintifik pada mata pelajaran Fiqih untuk siswa sudah cukup baik.
Terlihat dari keaktifan, kerjasama dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.
Meskipun masih terdapat hambatan hambatan ketika proses pembelajaran
berlangsung seperti kurangnya sarana media tambahan, tetapi pembelajaran Fiqih
dengan menggunakan pendekatan saintifik tetap berjalan lancar. Sehingga proses
pengembangan pada siswa khususnya dalam pengembangan social skill siswa
dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama sehingga peserta
didik semangat dalam proses pembelajaran Fiqih.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Siswa Mts, Pelajaran Fiqih

Dosen Pembimbing: Makhshun, Toha and Hariyadi, Sugeng | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:04
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36280

Actions (login required)

View Item View Item