Aulia, Ismi Tazkiyatul (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PREDIKTOR SIKAP INTERPROFESSIONAL TEAMWORK MAHASISWA UNISSULA Studi Observasi Analitik pada Kegiatan IPE Komunitas. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Kedokteran Umum_30102000092_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Kedokteran Umum_30102000092_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Interprofessional Education (IPE) merupakan wadah bagi para mahasiswa
untuk mempelajari kerja sama interprofesi yang efektif. Pada pelaksanaan IPE
dalam setting komunitas, antara mahasiswa kedokteran, keperawatan, kebidanan,
masih terjadi masalah kerja sama interprofesi. Meskipun demikian, faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap Interprofessional Teamwork belum pernah dilaporkan.
Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengkaji faktor-faktor prediktor
Interprofessional Teamwork mahasiswa Unissula selama mengikuti kegiatan
pembelajaran IPE komunitas.
Penelitian Observasi analitik ini menggunakan desain cross sectional pada
mahasiswa prodi kesehatan di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang
mengikuti modul IPE komunitas tahun 2022. Sikap interprofessional teamwork
diukur menggunakan kuesioner Attitude toward Health Care Team Scale.
Identitas profesi dinilai dengan menggunakan kuesioner professional identity.
Data terkait jenis program studi, kepercayaan diri mengikuti IPE, motivasi masuk
program studi (prodi), indeks prestasi kumulatif (IPK), keikutsertaan dalam
kegiatan kemahasiswaan, jenis kelamin diambil dari identitas yang dimasukkan
oleh mahasiswa sebelum mengisi kuesioner dalam formulir google form. Faktorfaktor
prediktor
dianalisis
dengan
regresi
logistik
melalui
IBM-SPSS
25.
Sejumlah
383 responden yang datanya dapat dilakukan olah data dan
analisis. Kepercayaan diri mengikuti IPE dan IPK merupakan faktor prediktor
sikap Interprofessional Teamwork (p=0,000; Exp(B)=1,873; CI=1,407-2,493;
p=0,004; Exp(B)=2,046; CI= 1,262-2,493).
Mahasiswa program studi kesehatan Unissula angkatan 2019 dominan
bersikap negatif. Faktor prediktor sikap Interprofessional Teamwork adalah
kepercayaan diri mengikuti IPE dan IPK. Studi lebih lanjut dapat dilakukan untuk
menjelaskan sikap negatif dan memperbaiki pelaksanaan IPE di periode
berikutnya.
Kata kunci: Interprofessional Education (IPE), Interprofessional Teamwork.
Dosen Pembimbing: | Lestari, Endang and Yuliyanti, Suryani | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:18 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/34253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |