Nurani, Dyah Ayu Cahya (2023) PAYA PENYELESAIAN WANPRESTASI TERHADAP PERJANJIAN KREDIT MOBIL MELALUI PT ADIRA FINANCE YANG BEKERJA SAMA DI SHOWROOM MOBIL DEDY JAYA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Hukum_30302000121_fullpdf.pdf]
Preview
Text
Ilmu Hukum_30302000121_fullpdf.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Hukum_30302000121_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Hukum_30302000121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (110kB)

Abstract

Showroom mobil Dedy Jaya Brebes merupakan tempat yang menyediakan
jual beli mobil di Brebes. Dalam pembelian mobil di showroom terdapat dua
penawaran pembelian yaitu secara tunai dan angsuran (kredit). Pembelian mobil
secara angsuran akan dibuatkan sebuah perjanjian yang berisi mengenai
kesanggupan konsumen dalam melakukan pembayaran angsuran setiap bulannya
yang disepakati kedua belah pihak. Perjanjian ini dilakukan antara konsumen
dengan perusahaan leasing. Saat melakukan perjanjian, leasing selaku kreditor
akan meminta debitor memberikan jaminan fidusia untuk kepastian dan keamanan
bagi kreditor. Jika debitor tidak melaksanakan sesuai dengan perjanjian maka
dapat dikatakan wanprestasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan
perjanjian kredit mobil melalui PT Adira Finance yang bekerja sama di
Showroom Mobil Dedy Jaya serta upaya penyelesaian wanprestasi terhadap kredit
mobil melalui PT Adira Finance yang bekerja sama di Showroom Dedy Jaya yang
menjadi kewajiban debitor.
Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis
penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan
langsung ke objeknya. Data yang digunakan data primer dan data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan
perjanjian kredit mobil melalui PT Adira Finance yang bekerja sama di
Showroom Dedy Jaya yaitu debitor harus membayar angsuran setiap bulannya
kepada perusahaan pembiayaan (leasing) dan supaya perjanjian ini dapat berjalan
dengan lancar maka perlu adanya memberikan suatu objek jaminan yaitu jaminan
fidusia berupa BPKB mobil. Dengan kata lain, walaupun objek jaminan fidusia
sudah berpindah tangan dan menjadi milik pihak lain, kreditor masih tetap dapat
menggunakan haknya melakukan eksekusi, bila debitor wanprestasi. Upaya
penyelesaian wanprestasi terhadap kredit mobil di showroom Dedy Jaya yang
menjadi kewajiban debitor adalah dengan menghubungi debitor dan mengunjungi
lokasi domisili debitor dengan tujuan untuk mencari penyelesaian secara negosiasi,
jika negosiasi yang dilakukan tidak berhasil maka objek jaminan akan disita.
Namun dalam praktek eksekusi jaminan terdapat hambatan yaitu objek yang di
jaminkan telah tidak ada. Dengan demikian, terdapat konsekuensi yang
dibebankan kepada debitor yaitu mengganti kerugian yang dialami kreditor
beserta membayar denda atas keterlambatan pembayaran angsuran atau tetap
menjalankan proses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kata Kunci: Kredit Mobil, Leasing, Wanprestasi

Dosen Pembimbing: Istinah, Siti Rodhiyah Dwi | nidn0613066101
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:11
Last Modified: 16 Jan 2024 07:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33081

Actions (login required)

View Item View Item