KUNCORO, SONDANG (2023) DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN REL KERETA API LAYANG DI RUAS PERSIMPANGAN PALANG JOGLO SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Teknik Sipil_20202000063_fullpdf.pdf] Text
Magister Teknik Sipil_20202000063_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Magister Teknik Sipil_20202000063_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Teknik Sipil_20202000063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (18kB)

Abstract

Simpang Joglo merupakan pertemuan dua jalan nasional, yakni Jl. Ki
Mangunsarkoro dan Jl. Sumpah Pemuda. Kemudian dua jalan Provinsi yakni
Jl. Kolonel Sugiono yang menuju arah Purwodadi dan Jl. Pierre Tendean. Arus
lalu lintas di simpang Joglo semakin padat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat pelayanan persimpangan sebidang di palang joglo.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung di persimpangan
ruas palang joglo tersebut pada jam puncak pagi, siang dan sore hari dari jam
06.00 – 18.00 WIB. Dari hasil survey kemudian dilakukan pengelompokkan
pada masing – masing ruas pada simpang dan disajikan dalam bentuk tabel
kendaraan. Dalam perhitungan analisis simpang menggunakan acuan Manual
Kapasitas Jalan Indonesia 1997.
Hasil kinerja simpang palang joglo Surakarta sebelum konstruksi menunjukkan
bahwa derajad kejenuhan pagi hari sebesar 0,56, derajad kejenuhan siang hari
sebesar 0,46 yang menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas C. Derajad
kejenuhan sore hari sebesar 0,92 yang menunjukkan tingkat pelayanan jalan
kelas E, sedangkan derajad kejenuhan pada saat konstruksi menunjukkan pagi
hari sebesar 0,57, derajad kejenuhan siang hari sebesar 0,62 yang menunjukkan
tingkat pelayanan jalan kelas C. Derajad kejenuhan sore hari sebesar 1 yang
menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas F. Pada Proyek Pembangunan Jalur
KA Elevated akan mengalami penyempitan pada ruas – ruas tertentu akibat
adanya pembangunan tersebut, maka dari itu dilakukan manajamen rekayasa
lalu lintas saat konstruksi sedang berlangsung. Kendaraan berat golongan 3 dan
4 yang akan melintas di simpang joglo di alihkann lewat tol kebak kramat, tol
gondanrejo dan tol colomadu, tol ngemplak. Dari arah Boyolali dan
Yogyakarta yang akan melintas palang joglo akan dialihkan masuk ke pintu tol
colomadu dan bisa keluar dipintu tol gondangrejo yang akan mengarah ke
purwodadi atau pintu tol kebak kramat yang menuju ke surabaya.

Kata Kunci: Palang Joglo, Derajad Kejenuhan, Tingkat Pelayanan Jalan

Dosen Pembimbing: Mudiyono, Rachmat and Soedarsono, Soedarsono | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:36
Last Modified: 27 Oct 2023 03:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item