SUPRIYATNO, EKO (2023) STUDY EVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN PURWODADI – WIROSARI DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Teknik Sipil_20201900067_fullpdf.pdf] Text
Magister Teknik Sipil_20201900067_fullpdf.pdf

| Download (8MB)
[thumbnail of Magister Teknik Sipil_20201900067_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Teknik Sipil_20201900067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (211kB)

Abstract

Jalan Purwodadi – Wirosari berdasarkan fungsinya termasuk jalan kolektor
primer yang berfungsi menghubungkan antar kabupaten, yaitu Grobogan – Blora
dan kabupaten di Jawa Timur. Selain itu jalan Purwodadi – Wirosari juga bisa
dijadikan sebagai jalan alternatif ketika jalan di pantura mengalami kemacetan.
Semakin meningkatnya lalu lintas kendaraan berat dan juga kondisi daya dukung
tanah yang kurang baik, menyebabkan kerusakan jalan di banyak tempat. Tujuan
dari penelitian ini yaitu melakukan kajian terhadap kondisi eksisting jalan sebagai
dasar untuk perbaikan konstruksi, mengevaluasi kapasitas jalan Purwodadi -
Wirosari berdasarkan perhitungan data LHR saat ini dan proyeksi sampai 20 tahun
ke depan, dan mengkaji jalan Purwodadi - Wirosari berdasarkan data CBR supaya
stabil dan mampu menahan beban lalu lintas.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang diawali dengan
melakukan studi terhadap kerusakan jalan lama dengan mengamati secara
langsung kondisi eksisting. Kemudian data sekunder yang terdiri dari peta
topografi, data LHR dan data nilai CBR dari tes DCP kita dapatkan dari Dinas
BMCK Propinsi Jawa Tengah. Untuk proses analisa dan pembahasan
menggunakan metode Manual Desain Perkerasan tahun 2017 untuk perkerasan
kaku.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi di ruas jalan
Purwodadi – Wirosari terutama di Km 94+500 s/d 94+650 adalah retak melintang
dengan lebar retakan antara 0,5 - 1cm, rekahan ke samping pada sambungan
memanjang atau centerline jalan antara 5-10 cm, terdapat segmen yang mengalami
penurunan sehingga diperlukan dinding penahan tanah untuk menahan supaya
bahu jalan tidak semakin turun, patahan pada bagian dekat dengan sambungan
melintang yang disebabkan karena muatan lalu lintas yang berat.
Berdasarkan analisa lalu lintas dan perhitungn proyeksi LHR untuk 20 tahun
kedepan dengan perkiraan jumlah kendaraan HV (135 kend./jam), LV (329
kend./jam), MC (1382 kend./jam). Nilai untuk derajat kejenuhan pada ruas
Purwodadi – Wirosari (DS) adalah 0,73.
Hasil evaluasi terhadap konstruksi perkerasan kaku yaitu digunakan perkerasan
beton bersambung dengan tulangan, tebal pelat 25 cm (sama dengan desain dan
lapangan), diameter dowel 32mm (polos), tiebar dipakai diameter 16 (ulir),
panjang segmen 6m.

Kata Kunci : jalan, kerusakan, rigid, mdp

Dosen Pembimbing: Pratikso, Pratikso and Mudiyono, Rahmat | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:29
Last Modified: 27 Oct 2023 03:29
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32479

Actions (login required)

View Item View Item