MAULANA, IQBAL (2023) MODEL REGRESI LINIER PENGARUH STANDAR TEKNIS JALAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN PROVINSI (STUDI KASUS : RUAS JALAN PEMALANG – PURBALINGGA). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Teknik Sipil_20201900023_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Magister Teknik Sipil_20201900023_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Pada rentang tahun 2016-2021 terdata 12 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal
dunia 22 orang dan 107 luka-luka di ruas jalan pemalang – purbalingga. Salah satu faktor
penyebab kecelakaan adalah kurangnya perhatian terhadap prasarana yang memenuhi aspek dari
keselamatan. Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kurangnya prasarana jalan tersebut
umumnya disebabkan oleh desain geometrik jalan kurang tepat, kondisi permukaan jalan yang
buruk, kurangnya jarak pandang dan sebagainya. Maka dari itu penelitian bertujuan mencari lokasi
rawan kecelakaan, penyebab kejadian kecelakaan dari nilai standar persyaratan teknis jalan dan
model regresi kecelakaan.
Analisis lokasi rawan kecelakaan lalu lintas blackspot menggunakan metode Equivalent
Accident Number (EAN) dibandingkan dengan nilai Upper Control Limit (UCL) dan batas kontrol
atas (BKA). Regresi linier berganda digunakan untuk menelusuri pola hubungan antara variabel
terikat dengan dua atau lebih variabel bebas.
Hasil penelitian ini Segmen yang dikategorikan sebagai lokasi rawan kecelakaan adalah STA
32+000, 34+000, 36+000, 47+000 dan 48+000. Grade yang tidak memenuhi standar akan menjadi
penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas berdasarkan persyaratan teknis jalan. Berdasarkan
model regresi yang didapat, sebesar 33,8 % faktor-faktor kecelakaan lalu lintas dapat dijelaskan
oleh geometrik jalan dan Perkerasan Jalan. Sedangkan sisanya 66,2% dapat dijelaskan oleh faktorfaktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. . Model regresi yang dapat digunakan untuk
memprediksi jumlah kecelakaan di ruas jalan provinsi tersebut menurut besaran variabel yang
diteliti dalam penelitian ini adalah: Y = -2,618 + 0,049 Grade – 0,019 X Slope – 0,008 H Curv –
0,417 V Curv + 0,264 lebar jalan + 0,081 kondisi jalan IRI + 0,014 Kondisi Jalan PCI.
Kata Kunci: Lokasi Rawan Kecelakaan, Penyebab Kejadian, Model Regresi
Dosen Pembimbing: | Mudiyono, Rachmat and Rochim, Abdul | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 06:40 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:40 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |