SYUKRON, MOHAMAD (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAVA LEGEND COFFEE LAB AND ROASTERY MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN QSPM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Teknik Industri_31601800056_fullpdf.pdf] Text
Teknik Industri_31601800056_fullpdf.pdf

| Download (8MB)
[thumbnail of Teknik Industri_31601800056_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Teknik Industri_31601800056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (94kB)

Abstract

Java Legend merupakan implementasi dari pembelajaran tentang kopi dari sektor hulu ke
hilir. Java Legend membangun jaringan relasi yang cukup luas dengan petani, kelompok
tani, koperasi, pemroses, pabrik pengolahan biji kopi, trader kopi, eksportir dan importir
kopi, BUMN, instansi pemerintah maupun organisasi swasta yang bergerak dalam bidang
usaha pengolahan kopi. Java Legend Coffee Lab And Roastery bisa dikatakan sebagai
sebuah roastery atau tempat pengolahan kopi dan tempat belajar kopi favorit di Jawa
Tengah. Banyak juga peserta kelas yang berasal dari luar Jawa Tengah maupun luar pulau
Jawa. Tapi seiring berjalannya waktu, semakin banyaknya pesaing dan semakin
berkembangnya jaman, Java Legend mulai mengalami penurunan omset, selain karna
beberapa faktor, yang paling berpengaruh adalah dampak dari pandemi. Strategi pemasaran
yang digunakan Java Legend adalah promosi melalui sosial media, dan promosi dengan
cara datang sebagai undangan atau sponsor ketika ada event disuatu daerah. Tapi untuk
pemasaran melalui sosial media bisa dikatakan sangat kurang aktif. Jarangnya upload,
konten yang biasa bahkan cenderung monoton, yang mengakibatkan kalah dengan
pendatang baru yang aktif dalam sosial media dan membuat konten promosi yang lebih
menarik. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa faktor internal
yang dapat menjadi kekuatan yang dimiliki oleh java legend coffee lab and roastery yaitu
kualitas produk baik. Sedangkan faktor internal kelemahan yaitu Kurang adanya promosi
menggunakan media online. Pada faktor eksternal peluang pada java legend coffee lab and
roastery yaitu berkembangnya tren kopi dan berkembangnya teknologi. Sedangkan faktor
eksternal ancaman yaitu Produk Substitusi. Kemudian dapat disimpulkan pilihan strategi
yang dapat diambil yaitu pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk.
Adapun strategi yang diperoleh dari Matrix SWOT (Strengt, Weakness, Opportunity,
Threat) adalah Menjaga kualitas produk dengan mengembangkan industri kopi di Kota Pati
dan Menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah dan menambah saluran distribusi.
Dari hasil tersebut menunjukkan strategi tersebut yang paling disukai atau diminati oleh
responden pakar yang berasal dari internal . Java Legend Coffee Lab And Roastery.
Kemudian disimpulkan dari hasil QSPM terdapat pilihan strategi yang dapat diambil yaitu
pengembangan pasar, penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Untuk nilai TAS
tertinggi adalah “pengembangan pasar” yang memiliki 3 alternatif strategi berupa
“Membuka pemesanan produk kopi secara online dengan memanfaatkan E-Commerce
yang ada di Indonesia”, “Menjaga kualitas produk dengan mengembangkan industri kopi
di Kota Pati” dan “Menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah dan menambah
keaktifan dalam mengikuti pameran/event”
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Produk, Penjualan Produk, Kopi

Dosen Pembimbing: MAS'IDAH, ELI and FATMAWATI, WIWIEK | nidn00615066601, nidn0622107401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Mahasiswa FTI - Skripsi Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:35
Last Modified: 16 Oct 2023 07:35
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item