RUMI, NADIA ILANA (2023) USULAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN KRITERIA PRIORITAS MARKETING MIX DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALLING (MDS) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS DI UD.BUBUHAN). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Teknik Industri_31601601329_fullpdf.pdf] Text
Teknik Industri_31601601329_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Teknik Industri_31601601329_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Teknik Industri_31601601329_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (107kB)

Abstract

UD.Bubuhan merupakan tempat penjualan alat rumah tangga di Nanga Bulik
kabupaten Lamandau Kalimantan tengah, memiliki strategi pemasaran berupa promosi word
of mouth. Namun, seiringnya waktu srategi pemasaran tidak diperbarui sesuai kondisi
konsumen sehingga UD.Bubuhan mengalami penurunan penjualan. Agar UD.Bubuhan
mengalami kenaikan penjualan disaranakan untuk memperbaiki strategi pemasaran
sebelumnya. Alternatif staretgi pemasaran UD bubuhan berdasarkan atribut, atribut yang
digunakan yaitu marketing mix berupa produk, harga, promosi, tempat, SDM, proses dan bukti
fisik. Metode yang digunakan adalah MDS (Multidimensionalscalling) berfungsi untuk
membuat peta persepsi konsumen sehingga didapatkan atribut unggul UD.Bubuhan. kemudian
ada AHP digunakan untuk melakukan pemilihan penentuan prioritas kriteria strategi
pemasaran yg terbaik untuk UD.Bubuhan. Hasil yang didapat dari pengolahan dengan MDS
diperoleh Peta persepsi yang menunjukan UD.Bubuhan memiliki keunggulan dalam atribut
produk dan bukti fisik. Hasil dari metode AHP yaitu bobot akhir harga terjangkau dengan
bobot 0,29, promosi dimedia sosial bobot 0,14, lokasi strategis 0,08.
Usulan strategi pemasaran pada harga terjangkau, UD.Bubuhan akan memberi pilihan
lebih banyak dalam bentuk harga, dimana dalam satu jenis produk memiliki harga dari yang
termurah sampai harga temahal. Pada atribut lokasi diberikan usulan, lokasi strategis memiliki
peran yang penting dalam suatu usaha, sehingga lokasi strategis dapat ditentukan jika suatu
saat UD.Bubuhan berencana pindah atau memiliki cabang baru karena lokasi strategi berguna
mendatangkan banyak konsumen Pada atribut promosi diberikan usulan, Dari hasil kuesioner
mayoritas konsumen UD.Bubuhan adalah seorang ibu rumahtangga. Sehingga pada promosi
dimedia sosial akan dilakukan pada platform facebook hal ini dikarenakan banyak ibu – ibu
yang menggunakan platform tersebut sebagai wadah berkeluh kesah sehingga akan
dimanfaatkan media promosi UD.Bubuhan
Kata kunci : strategi pemasaran,marketing mix,MDS,AHP

Dosen Pembimbing: SUGIYONO, ANDRE and KHOIRIYAH, NUZULIA | nidn0603088001, nidn0624057901
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Mahasiswa FTI - Skripsi Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:59
Last Modified: 16 Oct 2023 03:59
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31747

Actions (login required)

View Item View Item