Nakiyah, Ulva Izatin (2023) KEEFEKTIFAN METODE QIRO’ATY DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIP MUHAJIRIN SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31501900129_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900129_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31501900129_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900129_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Keefektifan Metode
Qiro‟aty dalam Pembelajaran Al-Qur‟an di SDIP Muhajirin Semarang. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang sekolah
SDIP Muhajirin Semarang. Pendidikan yang diajarkan pada peserta didik harus
sesuai dengan kemampuan yang ada pada peserta didik. Pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan membuktikan makna terhadap data yang telah
berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan, pemeriksaan uji
keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data yaitu
membandingkan data dari hasil pengamatan langsung dengan data hasil
wawancara, dan isi suatu dokumentasi yang berkaitan. Hasil analisis deskriptif
kualitatif menyampaikan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran telah berjalan
efektif, pendidik sudah maksimal dalam pengajarannya meskipun terkadang masih
ada kendala yang terjadi namun masih bisa dikondisikan dengan baik. Artinya di
dalam kegiatan pembelajaran itu tujuan yang digunakan telah tercapai.

Kata Kunci : Keefektifan, Metode, Qiro‟aty, Pembelajaran, Al-Qur‟an.

Dosen Pembimbing: Susiyanto, Susiyanto | nidn0602128202
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:13
Last Modified: 11 Oct 2023 04:13
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31452

Actions (login required)

View Item View Item