RAHMAWATI, NABILA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM TAḤFIẒ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MI MIFTAHUL HUDA KANGKUNG MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31501900092_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900092_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31501900092_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31501900092_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan program Taḥfἰẓ Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MI Miftahul Huda Kangkung Mranggen, pelaksanaan program Taḥfἰẓ Al-Qur’an, penilaian program Taḥfἰẓ Al-Qur’an serta faktor pendukung dan penghambat yang ada pada program Taḥfἰẓ Al-Qur’an. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan “field reseaech”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala Yayasan Al-Asy’ari, kepala sekolah, guru program Taḥfἰẓ Al-Qur’an. Serta beberapa dokumen pendukung. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil pada penelitian ini bahwa perencanaan program Taḥfἰẓ Al-Qur’an dengan menetapkan penanggung jawab dalam program ini adalah Bapak Ahmad Khaziq, menetapkan indikator keberhasilan yaitu dengan menyelesaikan target hafalan minimal satu juz yaitu juz 30, pelaksanaan program Taḥfἰẓ Al-Qur’an yaitu pada hari senin, selasa, rabu, kamis dan jum’at dengan setiap kelasnya dibagi menjadi tiga halaqoh sesuai dengan kemampuan dari peserta didik, dengan menerapkan dua metode yaitu metode Talaqqῑ dan metode Taqrῑr penilaian atau evaluasi pada program Taḥfἰẓ Al-Qur’an ini dengan cara tes uji coba hafalan yang disebut dengan kegiatan Tasmi’. Faktor pendukung dan penghambat peran dari orang tua kompetensi guru dan dari peserta didik.
Kata kunci: Program Taḥfἰẓ Al-Qur’an, Metode Talaqqῑ, metode Taqrῑr, dan Peserta Didik

Dosen Pembimbing: CHOERONI, CHAERONI | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:22
Last Modified: 09 Aug 2023 03:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30383

Actions (login required)

View Item View Item