Putriningrum, Lia Kismi (2015) THE USE OF PICTURES SERIES AS A MEDIUM TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL OF NARRATIVE TEXT (A Case of the Eighth Grade Students of SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (127kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (873kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (871kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang penggunaan pictures series dalam mengajar
writing dalam bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah penerapan Pictures Series untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks narrative siswa kelas VIII atau tidak. Penelitian ini dikategorikan
sebagai penelitian eksperimental, karena penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan Pictures series dalam pembelajaran menulis teks narrative pada siswa
kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 04 Semarang tahun akademik 2014/ 2015
yang berada di Jln. Raya Kaligawe KM. 4 Semarang.
Desain penelitian ini adalah penelitian experimental. Penelitian ini
menggunakan desain non-equivalent control group dari penelitian kuasi
eksperimental. Ada tiga langkah dalam melakukan penelitian ini; pre test,
treatment, and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP
Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah sebanyak
120 siswa. Dua kelas digunakan sebagai sampel yaitu kelas VIII A4 sebagai kelas
experimental dan VIII A2 sebagai kelas control group. Untuk mengumpulkan data
penulis menggunakan test yaitu Pre-test dan Post-test. kemudian, hasil data
keduanya akan dinilai dan penulis menggunakan SPSS for Windows version 16.0
untuk menganalisa hasil dari Pre-test dan Post- test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada
kemampuan siswa dalam menulis teks narrative. Hal ini dapat dilihat dari nilai
akhir kelompok eksperimen dan kelompok control. Nilai rata-rata post-test
kelompok eksperimen adalah 66,48, sedangkan nilai rata-rata post-test kelompok
control adalah 56,38. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang
signifikan.Di dukung oleh hasil analisis t-test antara pre-test dan postest dikelas
percobaan bahwa sig(2-tailed)0,00 untuk signifikansi 0,05, 0,00 <0,05. Karena
nilai t-test lebih tinggi dari t-table, berarti H
1
diterima sedangkan H
ditolak. Oleh
karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pictures Series ini efektif dan
dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis
teks narrative.

Kata Kunci: Pictures series, teks narrative, pengajaran menulis.

0

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:06
Last Modified: 16 Feb 2016 06:06
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item