Feriawan, Feriawan (2023) PENGELOMPOKAN GROUP DISKUSI SECARA HETROGEN MENGGUNAKAN K – MEDIANS KLUSTERING DAN DISTRIBUSI MERATA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN DI SMK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Magister Teknik Elektro_20601900008_fullpdf.pdf] Text
Magister Teknik Elektro_20601900008_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Magister Teknik Elektro_20601900008_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Magister Teknik Elektro_20601900008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (134kB)

Abstract

Dalam memajukan kualitas pendidikan, baik dalam konteks sumber daya
siswa atau sistem pembelajaran, setiap SMK memiliki cara pengelolaan tersendiri.
Pemberdayaan sistem pembelajaran merupakan salah satu komponen penting
dalam hal memajukan kualitas SMK tersebut. Apabila sistem pembelajaran yang
dimiliki oleh SMK tersebut mampu memberikan kontribusi besar terhadap aktivitas
belajar siswanya maka sumber daya siswa yang dimiliki oleh SMK tersebut juga
akan memiliki potensi dan prestasi yang baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan
tujuan membuat pengelompokan grup diskusi berdasarkan indikator komunikasi
dan humoris untuk peningakatan belajar dalam pengetahuan dan keterampilan
secara hetrogen dengan menggunakan analisa k-medians clustering di SMK Sore
Tulungagung. Nilai komunikasi dan humoris untuk peningakatan belajar dalam
pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran Simulasi Digital siswa kelas X
Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor yang dijadikan dasar nilai. Siswa kelas
X kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok berbasis k-medians dan
kelompok berbasis random yang selanjutnya dilakukan penelitian untuk
mendapatkan nilai rata-rata k medians komunikasi dan humoris dalam peningkatan
belajar pada pengetahuan dan keterampilan sebelum pembelajaran dan setelah hasil
evaluasi grup diskusi. Nilai peningkatan kelas berbasis k-medians sebesar 4,980
dari rata-rata sebelum pembelajaran sebesar 82,542 menjadi 87,521 setelah
evaluasi, sedangkan kelas berbasis random hanya mengalami peningkatan nilai
sebesar 0,125 dari rata-rata sebelum pembelajaran sebesar 81,250 menjadi 81,375
setelah dilakukan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil pengelompokan grup
diskusi secara hetrogen pada indikator komunikasi dan humoris untuk
menigkatakan pengetahuan dan keterampilan yang dikelompokan menggunakan
metode k-median clustering lebih terlihat peningkatannya.
Kata Kunci : Grup diskusi, hetrogen ,komunikasi,humoris, k-medians clustering

Dosen Pembimbing: Much Ibnu Subroto, Imam and Qomaruddin, Muhammad | nidn0613037301, nidn0631057101
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Pascasarjana > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Teknik Elektro
Fakultas Teknik > Mahasiswa Pascasarjana - Tesis Magister Teknik Elektro
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:19
Last Modified: 17 Jul 2023 02:19
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29707

Actions (login required)

View Item View Item