Febri Mustika, Riski (2022) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Psikologi_30701800113_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Psikologi_30701800113_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan
perilaku konsumtif pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif yang dilakukan pada 110 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Islam Sultan Agung Semarang sebagai subjek penelitian. Metode pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini adalah skala likert yang terdiri dari skala citra merek dan
skala perilaku konsumtif. Skala citra merek terdiri dari 26 aitem dengan koefisien
reliabilitas sebesar 0,909 sementara skala perilaku konsumtif terdiri dari 10 aitem
dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,776. Hasil uji korelasi pearson antara citra
merek dengan perilaku konsumtif diperoleh skor rxy= 0,578 dengan p= 0,000
(p<0,01), yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara citra
merek dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa maka hipotesis pada penelitian
dapat diterima dimana semakin tinggi citra merek maka semakin tinggi perilaku
konsumtif dan begitupun sebaliknya. Sumbangan efektif variabel citra merek
terhadap perilaku konsumtif sebesar 33,4%.
Kata kunci: Citra merek, perilaku konsumtif, mahasiswa
Dosen Pembimbing: | Agustina Setiowati, Erni | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 06:55 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 06:55 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |