Antika, Lilik (2023) ANALISIS KEBIASAAN MENDONGENG GURU DI KELAS V SD ISLAM NUSANTARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900051_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900051_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900051_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900051_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Analisis Kebiasaan Mendongeng Guru di
Kelas V SD Islam Nusantara, penelitian ini lebih difokuskan pada analisis
kebiasaan mendongeng guru di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kebiasaan mendongeng guru di kelas V SD Islam Nusantara.
Variabel penelitian ini adalah kebiasaan mendongeng guru. Teknik pengumpulan
data menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa, wawancara guru, dan
wawancara siswa. Kebiasaan mendongeng guru dilakukan saat break
pembelajaran di kelas sekitar 5-10 menit, guru menyiapkan buku dongeng
sebelum pembelajaran kemudian membacakan dongeng di depan kelas. Jenis
dongeng yang dibacakan oleh guru biasanya jenis fabel, mitos, dan legenda.
Evaluasi yang dilakukan guru yaitu mengenai amanat yang bisa diambil dari
dongeng yang sudah dibacakan. Siswa begitu antuasias saat guru mulai
mendongeng, hal ini mampu meminimalisir kondisi kelas yang kurang kondusif
dan siswa mampu mengikuti pembelajaran kembali.
Kata Kunci: Kebiasaan, Mendongeng

Dosen Pembimbing: Yustiana, Sari and Afandi, Muhammad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:07
Last Modified: 29 May 2023 07:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item View Item