Ari Yani, Dyah (2023) IMPLEMENTASI MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900024_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900024_fullpdf.pdf

| Download (3MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900024_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900024_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (622kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada penggunaan media index card match terhadap
hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPA. Keterbatasan media
dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas. Tujuan penelitian adalah
mengetahui pengaruh penggunaan media index card match yang valid dan layak
digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model preexperimental

design ranah one group pretest-posttest design. Populasi yang
digunakan adalah siswa kelas IV SDN Karangsari TA 2022/2023. Variabel
penelitian meliputi media index card match dan hasil belajar kognitif. Melalui
analisis validitas soal pretest dan posttest didapat 12 dan 15 soal yang valid dengan
reliabilitas 0,828 dan 0,747, sehingga soal-soal layak untuk diujikan. Berdasarkan
uji hipotesis didapat adjusted r square sebanyak 68,8% dengan std error of the
estimate 6,12. Dari uji t didapat sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima dengan N-Gain score 59,6% sehingga dinyatakan cukup efektif
dalam kategori sedang.
Kata Kunci : index card match, hasil belajar kognitif

Dosen Pembimbing: Jupriyanto, Jupriyanto and Sari, Yunita | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:03
Last Modified: 29 May 2023 07:03
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28656

Actions (login required)

View Item View Item