Wahyu Prayoga, Irvan (2023) ANALISIS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDIDIKAN NILAI DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800037_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800037_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800037_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301800037_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (198kB)

Abstract

Temuan peneliti pada Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin Kota Semarang
bahwa guru kelas V pernah menerapkan model pembelajaran ini, namun guru
merasa belum maksimal dalam menerapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran PBL dengan pendidikan
berbasis nilai pada pembelajaran IPS dan mengetahui penerepan model Problem
Based Learning terhadap pendidikan berbasis nilai peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi teknik dan membercheck. Triangulasi teknik yaitu
metode pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Membercheck dengan cara menyertakan tanda tangan pemberi
informan. Berdasarkan hasil penelitian penerapaan Problem Based Learning
dengan pembelajaran IPS terhadap pendidikan nilai pada peserta didik dapat
ditarik kesimpulan: 1) Proses penerapan pembelajaran Problem Based Learning
dengan pendidikan nilai pada pembelajaran IPS meliputi: pemberian materi,
pembentukan kelompok, diskusi permasalahan, penyelesaian masalah pemberian
penghargaan, evaluasi. 2) Peserta didik mempunyai serta menerapkan indikator
kerja sama selama kegiatan berlangsung yaitu: aktivitas bertanya, mengikuti
pembelajaran dengan baik, saling membantu, aktivitas berdiskusi, mengusulkan
pendapat, bertanggung jawab, mengatur anggota kelompok, menerangkan, ikut
serta memecahkan masalah, dan mendorong peserta didik lain untuk ikut
berpartisipasi.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendidikan
Berbasis Nilai, Pembelajaran IPS

Dosen Pembimbing: Ismiyanti, Yulina and Fironika, Rida | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 23 May 2023 01:55
Last Modified: 23 May 2023 01:55
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28562

Actions (login required)

View Item View Item