Putri Ziana, Elisa (2023) KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARYA USMAR ISMAIL DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900007_fullpdf.pdf |
![]() |
Text
Pendidikan Bahasa _ Sastra Indonesia_34101900007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Sastra dan masyarakat adalah dua hal yang saling berhubungan dalam
kehidupan nyata. Karya sastra merupakan permusyawaratan berdasarkan kondisi
masyarakat, walaupun tidak semua cerita dalam karya sastra sesuai dengan
kehidupan nyata, namun ada pula karya sastra yang lahir dari kehidupan nyata.
Tema mengnai kritik sosial pada naskah drama “Ayahku Pulang” karya usmar
Ismail merupakan bentuk sarana rekreatif dan media edukatif penyampai pesan
moral menanggapi fenomena dalam realita kehidupan saat ini, sehingga sangat
menarik untuk dibahas, naskah drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail
merupakan salah satu naskah drama yang kepopulerannya tak pernah menurun,
karena maskah drama ini menceritakan kehidupan nyata yang sampai saat ini
kerap terjadi dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk kritik sosial yang terdapat dalam
naskah drama Ayahku pulang karya Usmar ismail dan relevansi bentuk-bentuk
kritik sosial tersebut dalam pembelajaran bahasa Indonesia terkhusus pada materi
drama SMA kelas X. Analisis kritik sosial digali melalui teori Soekanto yang
mengemukakan permasalahan sosial dalam masyarakat.
Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, atau lisan terhadap
individu dan perilaku yang diamati, sumber data berasal dari naskah drama
Ayahku Pulang karya Usmar Ismail, dengan jumlah halaman yakni 18 halaman.
Data yang dikumpulkan adalah kata, frase, kalimat dan paragraf yang
mengandung bentuk kritik sosial. Teknik yang digunakan adalah teknik simak,
dilanjutkan dengan teknik catat. Setelah semua data terkumpul, proses selanjutnya adalah analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, kemudian
verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Penelitian ini mengandung 9 bentuk permasalahan sosial yang dikritik
sehingga ditemukan sejumlah 50 data yakni masalah kemiskinan berjumlah 12
temuan data, masalah kejahatan berjumlah 9 temuan data, masalah disorganisasi
keluarga berjumlah 13 temuan data, bentuk masalah generasi muda dalam
masyarakat modern berjumlah 2 temuan data, masalah peperangan berjumlah 3
temuan data, masalah kependudukan berjumlah 2 temuan data, masalah
lingkungan hidup berjumlah 7 temuan data, dan tidak ditemukan data pada
masalah birokrasi.
Dosen Pembimbing: | Turahmat, Turahmat and Nisfi Setiana, Leli | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 May 2023 07:26 |
Last Modified: | 11 May 2023 07:26 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |