Hita Wilasari, Anggun (2023) STRATEGI PROMOSI BROSUR PADA PRODUK HANDPHONE DI KONTER SINAR CELL DAN SMS SELLULER TLOGOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800019_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800019_fullpdf.pdf

| Download (40MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800019_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (408kB)

Abstract

Konter-konter di wilayah Tlogosari Semarang banyak yang menggunakan
strategi promosi brosur dalam rangka memasarkan produk handphone nya. Meski
jaman kian berkembang dimana teknologi semakin maju, nyatanya penggunaan
media cetak berupa brosur masih marak dipergunakan sebagai strategi promosi bagi
perusahaan dalam memasarkan produknya. Tujuan yang hendak dicapai dari
penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi promosi brosur
pada produk handphone di Konter Sinar Cell dan SMS Selluler Tlogosari serta
kelebihan dan kekurangan penerapan strategi promosi brosur pada produk
handphone di Konter Sinar Cell dan SMS Selluler Tlogosari.
Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik. Teori yang
digunakan adalah teori komunikasi, AIDA, dan pemasaran. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini yang menjadi subjek penelitian
adalah strategi promosi brosur, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah
responden penelitian yang merupakan pemilik konter handphone Sinar Cell dan
SMS Selluler Tlogosari. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer wawancara dan data sekunder stud pustaka, Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi komunikasi Konter di Wilayah
Tlogosari Semarang khsusunya pada Toko Sinar Cell Tlogosari dan Konter SMS
Selluler Tlogosari, melalui penyebaran brosur yang dilakukan oleh para
karyawannya agar mendapatkan perhatian sehingga meningkatkan konsumen
dalam pembelian handphone. Dengan melakukan penyebaran brosur di pinggir
jalan depan toko atau di dekat lampu merah, terkadang konter hp juga memasang
banner di depan toko atau dekat lampu merah. Selain itu, pada Konter SMS Selluler
Tlogosari strategi dalam pembagian brosur dilakukan dengan cara perorangan
biasanya dilakukan di pasar, rumah warga dan pabrik di area semarang karena
mereka merasa system door to door lebih efektif dalam berpromosi. Dalam brosur
tersebut memuat Penawaran menarik yang ditawar berupa promo casback, hadiah
yang ditawarkan, penawaran pembayaran kredit tanpa DP dan survey dan lain
sebagainya. Kelebihan dalam penerapan strategi pomosi dengan media brosur pada
penjualan produk handphone di Konter Wilayah Tlogosari adalah media brosur
yang dianggap efektif dalam kegiatan promosi di konter wilayah Tlogosari
Semarang karena isi pesan yang di sampaikan dalam brosur dapat di tanyakan
langsung. Kekurangan dalam penerapan strategi pomosi dengan media brosur pada
penjualan produk handphone di Konter Wilayah Tlogosari adalah masyarakat
masih menganggap brosur hanya sebagai sampah kertas, anggara yang dikeluarkan
konter dalam mencetak brosur cukup lumayan dibandingkan promosi yang
dilakukan di media sosial.
Kata Kunei: Strategi, Promosi, Brosur, Konter, Tlogosari

Dosen Pembimbing: Marhaeni Kurdaningsih, Dian and Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi (FBIK)
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 May 2023 06:33
Last Modified: 05 May 2023 06:33
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28292

Actions (login required)

View Item View Item