Fauzanah, Aldira Eka (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_34201800003_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34201800003_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Matematika_34201800003_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34201800003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (36kB)

Abstract

Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, masalah matematika, materi pecahan
Untuk mewujudkan budaya literasi pada siswa oleh Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak tahun 2016 menerapkan Gerakan Literasi
Nasional (GLN). Guna menyebarluaskan GLN setiap sekolah menerapkan
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) membantu dalam mewujudkan generasi yang
literat Membaca merupakan kemampuan yang menjadi langkah awal dalam
memahami beberapa literasi dasar lainnya, yaitu literasi sains, literasi numerasi,
literasi digital, literasi finansial, serta literasi budaya dan kewarganegaraan.
Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kecakapan yang harus
dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dengan menggunakan
kemampuan literasi numerasi dapat membantu siswa dalam menyelesaikan
permasalahan yang ditemui sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun
lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan
literasi numerasi siswa SMP N 3 Blora dalam menyelesaikan masalah materi
pecahan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas VII E semester genap tahun ajaran 2020/2021. peneliti
menggunakan 30 sampel awal untuk mengerjakan tes kemampuan literasi
numerasi yang telah disiapkan. 9 sampel sebagai kategori tinggi, 12 sampel
sebagai kategori sedang, dan 9 sampel sebagai kategori rendah. Subjek yang
digunakan yaitu memilih satu setiap kategori, sehingga terdapat 3 subjek untuk di
analisis lebih dalam. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah
instrumen tes kemampuan literasi numerasi dan wawancara. Instrumen pedoman
wawancara digunakan untuk penguat dalam memperoleh data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi
numerasi sebagai kategori tinggi dalam menyelesaikan masalah pecahan mampu
memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi numerasi. (2) kemampuan literasi
numerasi sebagai kategori sedang dalam menyelesaikan masalah pecahan cukup
mampu dalam memenuhi indikator pertama dan kedua kemampuan literasi
numerasi, tetapi kurang mampu dalam memenuhi indikator ketiga kemampuan
literasi numerasi. (3) kemampuan literasi numerasi sebagai kategori sedang dalam
menyelesaikan masalah pecahan cukup mampu memenuhi indikator pertama
kemampuan literasi numerasi, tetapi kurang mampu dalam memenuhi indikator
kedua dan ketiga kemampuan literasi numerasi.

Dosen Pembimbing: Aminudin, Mohammad and Ubaidah, Nila | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:46
Last Modified: 25 Jan 2023 03:46
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27980

Actions (login required)

View Item View Item