Satria, Galing Bima (2022) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM VIDEO KLIP “WONDERLAND INDONESIA” KARYA ALFFY REV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800042_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800042_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32801800042_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32801800042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (95kB)

Abstract

Video klip menjadi salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan
pesan karena dapat menjangkau penonton yang luas dan juga dapat mengangkat
tema yang relevan dengan masyarakat. Dalam hal ini video klip yang diteliti
mengangkat tema Nasionalisme yang merupakan realitas yang ada di Indonesia.
Video klip yang akan dibahas atau diteliti yaitu video klip yang berjudul
“Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana rasa Nasionalisme direpresentasikan dalam video klip
“Wonderland Indonesia” berdasarkan teori analisis semiotika Roland Barthes
dengan tiga tahapan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos yang ada di dalamnya.
Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan paradigma
konstruktivisme.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi Nasionalisme yang
ada dalam video klip terdapat delapanbelas scene yang memiliki makna denotasi,
yang terdiri dari sepuluh scene unsur Nasionalisme, enam scene yang memiliki
unsur budaya sebagai penguat Nasionalisme, dan dua lirik lagu yang memiliki unsur
Nasionalisme. Pada konotasinya dalam video klip ini rasa nasionalisme
digambarkan dengan unsur budaya yang menjadi penguat rasa nasionalisme dari
diri anak bangsa. Mitosnya bahwa perbedaan budaya menjadi dasar persatuan
berbangsa dan menjadi penguat rasa Nasionalisme dalam tubuh anak bangsa.
Representasi nasionalisme yang ditemukan yaitu bentuk kecintaan terhadap bangsa
Indonesia, bentuk kebergaman Budaya, bentuk perjuangan, dan bentuk penanaman
rasa nasionalisme sejak dini. Kesimpulannya dalam video klip ini menggambarkan
keadaan Indonesia sekarang ini dan memiliki pesan agar anak bangsa memiliki rasa
Nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.

Kata kunci : Representasi, Video Klip, Nasionalisme, Budaya, Semiotika

Dosen Pembimbing: Kurdaningsih, Dian Marhaeni and Adnjani, Made Dwi | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:09
Last Modified: 19 Jan 2023 07:09
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27292

Actions (login required)

View Item View Item