Kurniadhi, Dimas Rachmad (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (978kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (560kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (387kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (531kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (556kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (531kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (568kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (500kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (609kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (365kB)
[thumbnail of S1 Psikologi_30701501630_fullpdf.pdf] Text
S1 Psikologi_30701501630_fullpdf.pdf

| Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 119 mahasiswa semester lima. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling . Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala Dukungan Sosial dengan reliabilitas 0,788, skala Motivasi Belajar dengan reliabilitas 0,905. Teknik analisis yang digunakan dalam uji hipotesis menggunakan Product Moment. Hasil uji korelasi menunjukan hasil nilai korelasi antara variabel yang sebelumnya diuji sebesar rxy = 0,441 dengan taraf signifikan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Hasil menunjukan bahwa semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula motivasi belajar atau apabila semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah motivasi belajar. Hasil tersebut menandakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif yang didapat dari variabel persepsi terhadap lingkungan belajar terhadap motivasi belajar sebesar 19,4 %.

Kata kunci: Dukungan Sosial, Motivasi Belajar

Dosen Pembimbing: Abdurrohim, Abdurrohim | nidn0612127401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:02
Last Modified: 23 Jun 2022 07:02
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23227

Actions (login required)

View Item View Item