Supriyadi, Supriyadi (2021) OPTIMALISASI PROGRAM PEMBELAJARAN ASRAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP AL-ANWAR SARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| 
              
Text
 COVER.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 LAMPIRAN.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 S1 Tarbiyah_31501700003_fullpdf.pdf  | 
          
Abstract
Karakter siswa merupakan sesuatu yang unik yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Namun bukan berarti sesuatu yang istimewa ini tidak dapat dibentuk dan diubah menjadi lebih baik. Salah satu upaya membentuk karakter siswa adalah melalui jalur pembelajaran. Optimalisasi program pembelajaran asrama menjadi salah satu terobosan dari dunia pendidikan dalam membentuk karakter siswa dengan mengatur jadwal kegiatan siswa di asrama. SMP Al-Anwar Sarang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan program pembelajaran ini. Maka dari itu penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Optimalisasi Program Pembelajaran Asrama dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Al-Anwar Sarang”.
Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter siswa di SMP Al-Anwar Sarang dan untuk menjelaskan optimalisasi program pembelajaran asrama dalam membentuk karakter siswa di SMP Al-Anwar Sarang.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) yaitupenelitian kualitatif yang mengambil langsung data dan informasi berlatarbelakang SMP Al-Anwar Sarang.Pengumpulan datadilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumberdata dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Data primer di perolehdari kepala sekolah dan ketua asrama siswa, sedangkan datasekunder diperoleh melalui dokumentasi dari asrama di SMP Al-Anwar Sarang. Analisis datadilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data,dan menarik kesimpulan yang telah di dapat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meliputi: 1) siswa di SMP Al-Anwar Sarang memiliki karakter religius, gotong royong, disiplin, dan tanggung jawab yang kuat, 2) program pembelajaran asrama efektif memperkuat karakter siswa di SMP Al-Anwar Sarang sehingga optimalisasi program pembelajaran asrama dalam membentuk karakter siswa di SMP Al-Anwar Sarang dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Optimalisasi, Program Pembelajaran Asrama, Karakter Siswa
| Dosen Pembimbing: | Sarjuni, Sarjuni and Farhan, Moh | nidn0623066901, nidn0605059002 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | 
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 07 Jun 2022 04:37 | 
| Last Modified: | 07 Jun 2022 04:37 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22804 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
