Kusumaningsih, Denti Wijaya (2021) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KUALITAS SKENARIO DENGAN KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FAKULTAS ILMU KEPERAWATAN UNISSULA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
| 
              
Text
 COVER.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf  | 
          |
| 
              
Text
 LAMPIRAN.pdf  | 
          
Abstract
HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KUALITAS SKENARIO DENGAN KEEFEKTIFAN DISKUSI KELOMPOK PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING DI FIK UNISSULA.
59 Halaman + 8 tabel + 2 gambar + 14 lampiran
Latar belakang: PBL merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan berkelompok & kolaboratif, terdapat seorang tutor dan skenario sebagai pencetus diskusi. Faktor penting PBL kualitas skenario, kinerja tutor yang berpengaruh terhadap keefektifan diskusi kelompok & berdampak pada pencapaian hasil belajar.
Metode: Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner jumlah 95 responden dengan teknik total sampling. Data penelitian diolah menggunakan Uji Pearson. 
Hasil: Penelitian menunjukkan 86,3% berjenis kelamin perempuan, kinerja tutor dengan kategori baik 84,2%, kualitas skenario dengan kategori cukup baik 63,2%, & keefektifan diskusi dengan kategori baik 51,6%. Pada kineja tutor dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 keeratan hubungan kuat (0,785), serta arah hubungan positif. Pada kualitas skenario dengan keefektifan diskusi p-value 0,000 dengan keeratan hubungan kuat (0,618) serta arah hubungan positif.
Kesimpulan & Saran: Terdapat hubungan kinerja tutor & kualitas skenario terhadap keefektifan diskusi kelompok pada metode belajar PBL di FIK Unissula. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan tutor lebih meningkatkan kinerjanya & mahasiswa ditingkatkan belajarnya agar diskusi berjalan dengan efektif & dapat mencapai keberhasilan belajar.
Kata kunci: Keefektifan diskusi kelompok, kinerja tutor, kualitas skenario, PBL
Daftar pustaka: 36 (2003-2020)
| Dosen Pembimbing: | Issroviatiningrum, Retno and Abdurrouf, Muh | nidn0604038901, nidn0605057902 | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan  | 
        
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 12 Jan 2022 04:11 | 
| Last Modified: | 12 Jan 2022 04:11 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21880 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
