YULIANINGSIH, ANA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK DI SMPN 5 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
| ![COVER.pdf [thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf | 
| ![ABSTRAK.pdf [thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf | 
| ![DAFTAR ISI.pdf [thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf | 
| ![LAMPIRAN.pdf [thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf | 
| ![PUBLIKASI.pdf [thumbnail of PUBLIKASI.pdf]](https://repository.unissula.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only | 
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dirangkai oleh guru kepada siswa agar terjadinya suatu interaksi antar siswa maupun guru. Interaksi dalam pembelajaran berupa saling diskusi yang dilakukan oleh siswa, melakukan tanya jawab kepada guru maupun siswa, mempresentasikan di depan kelas, memberikan saran ataupun pendapat ke teman lain. Kegiatan tersebut dapat melatih keaktifan  siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi pada lingkungan belajar untuk meningkatkan kemampuan daya serap siswa dalam proses pembelajaran. 
Kemandirian siswa dalam belajar merupakan segala kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik siwa dalam proses kegiatan belajar mengajar yang optimal sehingga dapat menciptakan suasana kelas menjadi kondusif. Namun faktanya di SMPN 5 Demak masih kurang berkurangnya kerjasama antara peserta didik satu sama lain dan  terhadap guru pun masih  masih terbilang kurang aktif dalam karena gagapnya komunikasi.
Model STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVIONS) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar sehingga tidak gagap dalam berinteraksi dengan lainnya. Selain untuk meningkatkan keaktifan siswa, tipe ini bisa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Dalam model STAD, seorang guru harus berperan sebagai fasilitator, mediator dan motivator.
Dari tabel kategori model pembelaharn STAD bahwa data kategori memperoleh hasil sedang dengan memperoleh sebanyak 13 orang atau sebesar 39.4%. Artinya dari 33 orang responden sampel yang diambil dari responden terbanyak sehingga menunjukkan pandangan yang baik pada model pembelajaran Student Team Achievement Divisions
Kata Kunci: model pembelajaran dan kemandirian
| Dosen Pembimbing: | SHOLEH, MUHTAR ARIFIN and MUFLIHIN, AHMAD | UNSPECIFIED | 
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | 
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) | 
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA | 
| Date Deposited: | 12 Apr 2021 07:31 | 
| Last Modified: | 12 Apr 2021 07:31 | 
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19409 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
