BUNAYA, ALIF (2020) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (504kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (72kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (259kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (390kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (286kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (235kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (47kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (204kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini mengamati pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional siswa di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti akan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menghitung data menggunakan rumus product moment. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan jumlah 41 santri. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket, wawancara dan observasi.
Dalam pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional di SMP IT Asshodiqiyah Semarang Tahun 2020. Setelah dilakukan uji diketahui r tabel 0,308 diperoleh r hitung sebesar 0,603 dengan jumlah responden 41 peserta didik. Hal tersebut menunjukan pengaruh positif antara pembiasaan sholat dhuha dengan kecerdasan emosional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ada pengaruh yang signifikan antara pembiasaan shalat dhuha dengan kecerdasan emosional di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Karena didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan penulis diterima (signifikan).

Kata kunci: pembiasaan shalat dhuha, kecerdasan emosional

Dosen Pembimbing: SHOLEH, MUHTAR ARIFIN and FARHAN, MOH. | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Apr 2021 07:28
Last Modified: 12 Apr 2021 07:28
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19405

Actions (login required)

View Item View Item