Nur Nawangwulan, Dewi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS DAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MEDIA DIGITAL DAN KONVENSIONAL SISWA KELAS 2 SDN SEMBUNGHARJO 01 GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

| Download (211kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

| Download (201kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

| Download (507kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Download (446kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (64kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

| Download (341kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (764kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (502kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (619kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan buku Pop Up guna mengetahui tingkat validitas buku Pop Up yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SDN Sembungharjo 01 dengan subjek penelitian untuk anak kelas 2 sekolah dasar sejumlah 40 anak dengan rincian 5 anak pada uji coba lapangan awal, 15 anak pada uji coba lapangan utama dan 25 anak pada uji coba operasional. Jenis penlitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) preliminary field testing, 5) main product revision, 6) main field testing, 7) operational product revision, 8) operational field testing, 9) final product revision, 10) dissemination and implementation.
Buku Pop Up yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Sebelum diuji cobakan, instrumen penelitian yang digunakan adalah mengumpulkan data berupa angket, analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai validator untuk materi memperoleh skor akhir 4,33 dengan kategori sangat baik. Rata-rata nilai validator untuk media tahap pertama memperoleh skor 4,23dengan kategori baik, pada tahap kedua memperoleh skor 4,42 dengan kategori sangat baik, dan hasil coba kepada anak-anak mendapat perolehan skor rata-rata 4,47 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, buku pop-up tata cara dan manfaat gerakan shalat yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran materi shalat kelas 2 anak usia sekolah dasar di SDN Sembungharjo 01 Genuk Semarang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop Up Book, Sikap Religius, Keterampilan Membaca

Dosen Pembimbing: Jupriyanto, Jupriyanto and Fironika K, Rida | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:34
Last Modified: 09 Apr 2021 03:34
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18762

Actions (login required)

View Item View Item