Mahardhika, Aditya Fajar (2014) STRATEGI KAMPANYE POLITIK TIM SUKSES CALON WALIKOTA TEGAL PASANGAN Hj. SITI MASITHA SOEPARNO DAN Drs. HM. NURSHOLEH, M.Pd. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.
Preview |
Text
Cover.pdf |
Preview |
Text
Abstrak.pdf |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf |
Abstract
Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs.
HM. NURSHOLEH, MPd berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah
Walikota Tegal secara langsung pada Pemilukada Kota Tegal Tahun 2013.
Pemilihan Walikota Tegal ini menunjukkan fenomena baru dalam babak
kehidupan politik di sebagian besar wilayah Indonesia, dimana pasangan calon
walikota ini mengalahkan sosok incumber yakni H. IKMAL JAYA, SE, Ak dan
EDY SURIPNO, SH. Penelitian ini menekankan pada bagaimana strategi yang
dipergunakan dalam komunikasi politik terutama dalam pelaksanaan kampanye
oleh tim sukses Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO
dan Drs. HM. NURSHOLEH, MPd dalam Pemilukada tersebut. Beberapa aspek
yang tercakup di dalamnya, antara lain melihat susunan tim sukses, strategi
karnpanye dan pelaksanaanya, hingga mampu meraih kemenangan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kampanye Tim Sukses lebih
difokuskan pada strategi emotional branding yang didukung teori empati hemopili
dan teori Komunikasi Harold D. Lasswell. Tim Sukses ini cukup efektif dan
optimal yang akhirnya menang dalam Pemilukada tersebut. Dari penelitian yang
dilakukan, strategi kampanye yang dilakukan dengan emotional branding rnampu
menyentuh hati warga masyarakat dan menjadi harapan masyarakat untuk
kemajuan kota Tegal di masa mendatang, strategi ini berhasil dalam
mempopulerkan dan menghasilkan nilai positif untuk memenangkan pemilihan
walikota Tegal tersebut. Strategi emotional branding mampu membangun
popularitas dan opini positif masyarakat terhadap Pasangan calon walikota Tegal
Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs. HM. NURSHOLEH, MPd sehingga
mampu mengalahkan pasangan incumber. Tanpa perlu melakukan kontra opini
terhadap kampanye negatif.
Hal yang perlu dibenahi dalam strategi emotional branding Tim Sukses ini
adalah terus melakukan evaluasi terhadap pendekatan emosi dan harapan yang
diinginkan masyarakat, perneliharaan popuiaritas melalui emotional branding
lebih memerlukan langk� � � � ñ� �� � � ��� ÷�� � � �•� � dengan masyarakat
sehingga perlu dikembangkan kreativitas berupa variasi kegiatan untuk
menghilangkan kebosanan pada masyarakat. Implikasi aspek akademis, penelitian
ini bisa digunakan sebagai acuan perbaikan konsep strategi manajemen Tim
Sukses Pasangan calon walikota Tegal Hj. SITI MASITHA SOEPARNO dan Drs.
HM. NURSHOLEH, MPd di masa depan. Penelitian juga ini dapat dimanfaatkan
secara praktis untuk bahan pertimbangan memformulasikan strategi seorang
kandidat calon walikota.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Dec 2015 02:30 |
Last Modified: | 16 Dec 2015 02:30 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |