Khamdala, M. Lukni (2014) AN ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERROR IN WRITING RECOUNT TEXT OF THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 8 SEMARANG IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

| Preview Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

| Preview Download (65kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

| Preview Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa grammatical errors dalam
penulisan teks recount oleh siswa-siswi SMAN 8 Semarang pada tahun akademik
2013/2014. Bahasa Inggris mempunyai peran penting sebagai media komunkasi di
jaman globlalisasi ini. Di indonesia, bahasa inggris telah diajarkan sebagai bahasa
asing (EFL). Dalam pembelajaran, istilah “error” lazim terjadi sebagai salah satu
bagian dari proses suatu pembelajaran. Dalam studi akhir ini, penulis
menggunakan teks recount sebagai object penelitian.
Penulis melakukan study kualitatif dimana data diperoleh dari hasil
karangan teks recount sejumlah 20 teks. Peneliti menggunakan metode analisis
error sebagai berikut: pengumpulan data, identifikasi error, pendeskripsian error,
penjelasan error, dan evaluasi. Dalam hasil study tugas akhir ini, penulis
mengklasifikasikan error menjadi 7: error in using verb forms, subject and verb
agreement, article, preposition, pluralization, pronouns, and conjunctions.
Pada chapter IV, penulis menemukan bahwa terdapat 307 grammatical
error yang dilakukan siswa siswa, dimana error tersebut dibagi menjadi: 202
errors in using verb forms, 2 errors in subject-verb agreement, 13 errors in using
article, 33 errors in using preposition, 4 errors in pluralization, 36 errors in the use
of pronouns, and 17 errors in conjunctions. Hasil study ini menunjukan bahwa
siswa-siswi masih membutuhkan latihan yang lebih berkaitan dengan past tense,
recount, dan aspek grammatical yang terkait (error yang terjadi disebabkan oleh
Intralingual transfer). Penulis berharap hasil penelitian ini dapat ambil bagian
dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris. Baik itu dari
sudut pandang pengajar maupun murid.

Kata Kunci: Recount text, the use of past tense, an error analysis

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 Dec 2015 02:30
Last Modified: 16 Dec 2015 02:30
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item View Item