PITALOKA, PURANA VEGA (2019) Tinjauan Yuridis Tentang Perlindungan Penumpang Ojek Online di Wilayah Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

| Download (691kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

| Download (230kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

| Download (282kB)
[thumbnail of publikasi.pdf] Text
publikasi.pdf

| Download (375kB)
[thumbnail of bab I.pdf] Text
bab I.pdf

| Download (197kB)
[thumbnail of bab II.pdf] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (449kB)
[thumbnail of bab III.pdf] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (249kB)
[thumbnail of bab IV.pdf] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (173kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

| Download (94kB)

Abstract

Transportasi umum darat sering digunakan dalam mempermudah
mobilitas keseharian masyarakat. Saat ini transportasi umum darat mengalami
perkembangan yang cukup pesat, dengan mengikuti trend yang ada dimasyarakat.
Dengan perkembangan era baru tersebut munculah sarana transportasi umum
berbasis online, khususnya sepeda motor sebagai moda ojek online untuk
mempermudah mobilitas masyarakat di zaman modern saat ini. Tujuan penelitian
ini adalah : Untuk mengetahui bagaimana hukum menyikapi fenomena terkait
pengguna sepeda motor sebagai moda transportasi umum yang menggunakan
basis online, dan untuk mengetahui bagaimana perlindungan yang diperoleh
pengguna jasa ojek online khususnya sepeda motor
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
pendekatan metode yuridis empiris yang artinya merupakan ilmu pengetahuan
yang didasari pada observasi kenyataan akal sehat dan hasilnya berdasarkan
pengamatan suatu keadaan yang bergantung pada bukti ataupun konsekuensi.
Serta penggunaan metode pendekatan analisanya dengan menggunakan metode
diskriptif kualitatif kerena beraspek pada sosial masyarakat, yaitu menganalisa
data dengan cara memapaprkan semua data baik yang berupa data primer maupun
data sekunder.

Berdasarkan hasil penelitian di perusahaan sarana transportasi online Grab
di Semarang, menyatakan perlindungan bahwa perlindungan atas penumpangnya
adalah prioritas dari Grab. Terbukti bahwa Grab sudah membuat peraturan
internal perusahaan serta membuat fitur – fitur bagi perlindungan konsumenya.
Serta berdasar hasil wawancara di kedinasan Dinas Perhubungan Kota Semarang
bahwa ojek online belum diatur secara gamblang di Permenhub No. 108 Tahun
2017 hal tersebut menjadi keambiguan tersendiri dalam mengimplementasikan
undang-undang ataupun Peraturan lainya tersebut. Hal itu membuat kekhawatiran
tersendiri bagi penumpang ojek online dikarenakan tidak kuatnya peraturan yang
melandasi transportasi online khususnya roda dua sebagai moda sarana
transportasi online, karena tidak kuatnya payung hukum bagi perlindungan
penumpangnya pemakai jasa ojek online.




Kata Kunci : Ojek Online; Perlindungan Konsumen.

Dosen Pembimbing: Suwondo, Denny | nidn0617106301
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Mahasiswa FH - Skripsi Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2020 05:11
Last Modified: 13 Feb 2020 05:11
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item