Pradhana, Risang Ardy and Rachman, M. Irwan Nur (2019) Perencanaan Struktur Atas Jembatan Rangka Selat Sunda. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (913kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

| Download (69kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (18kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (131kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (340kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (812kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (6kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (11kB)

Abstract

Selat sunda merupakan selat yang berada diantara pulau Jawa dan Sumatera. Masalah yang terjadi ialah jumlah penumpang dan barang-barang yang ingin menyeberangi selat sunda sangat besar dibandingkan dengan kapasitas pesawat dan kapal feri yang ada, oleh karena itu diperlukan sebuah jembatan untuk melintasi selat sunda. Pada tugas akhir ini akan didesain sebuah jembatan gantung sebagai salah satu pilihan trasnportasi antara pulau jawa dan pulau sumatera. Dipilihnya jembatan gantung bentang selat sunda yang sangat panjang. Perencanaan dan perhitungan struktur jembatan dimulai dengan perencanaan awal yaitu penentuan panjang bentang jembatan, penentuan lebar jembatan, penentuan beban yang akan membebani jembatan, dan penentuan bahan-bahan jembatan. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan upperstructure meliputi dimensi tebal plat beton lantai kendaraan dan lantai kereta api, perhitungan gelagar rangka baja sebagai untuk menopang lantai jembatan. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAP2000-v14. Perencanaan jembatan gantung juga menggunakan referensi dari jurnal-jurnal international dan buku-buku perencanaan jembatan gantung. Untuk menentukan pembebanan struktur jembatan menggunakan Standar Pembebanan untukJembatan RSNI T-02-2005 danPerencanaan Struktur Bajadan material untuk Jembatan menggunakan RSNI T-03-2005. Beban yang diperhitungkan adalah berat sendiri, beban mati tambahan, beban “T”, beban lajur “D”, beban rel kereta, beban angin, dan beban gempa. Perhitungan struktur atasdiperoleh tebal pelat lantai kendaraan dan lantai kereta api 25 cm dengan tulangan lentur Ø22-200, gelagar rangka memanjang menggunakan profil Double Channel 900.600.40.60, gelagar rangka melintang menggunaka profil Double Channel 600.300.25.25, ikatan angin menggunakan profil Double Channel 600.400.35.50, shear connectorØ 22 mm. Sehingga dari hasil perhitungan tersebut, jembatan selat sunda layak untuk dibangun.

Dosen Pembimbing: Rusbintardjo, Gatot and Abdul, Abdul | nidn8871250017, nidn0608067601
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:22
Last Modified: 14 Jan 2020 06:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14779

Actions (login required)

View Item View Item