LUTHFI, MUHAMMAD and Afif, Moh. Luthfi Nurul (2019) REDESIGN DERMAGA KARTINI JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

| Download (552kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

| Download (147kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

| Download (34kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (1MB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (218kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (2MB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (131kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

| Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (468kB)
[thumbnail of Publikasi.pdf] Text
Publikasi.pdf

| Download (468kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk merencanakan kembali (Redesign) Dermaga Kartini Jepara yang meliputi Perencanaan Struktur: plat, balok serta jenis pondasi. Alat bantu program untuk menghitung perencanaan struktur menggunakan SAP200 v14.0 dan Microsoft excel 2013 serta alat program bantu untuk menggambar detail plat, balok, dan pondasi menggunakan AutoCAD 2017. Struktur yang direncanakan adalah Dermaga Kartini Jepara menggunaka sitem pembebana khusus untuk Dermaga (Triatmodjo 1971).
Perencanaan pembebanan untuk Dermaga menggunakan Panduan Buku Pelabuhan (Triadmodjo 1971). Hasil pembebanan dermaga untuk ukuran kapal = 300DWT, Benturan Kapal = 84,6 kNm, Gaya bollard = 10 ton, Gaya angin = 0,1765 ton , Gaya arus = 0,25545 ton, Gaya tambatan kapal = 0,432 ton, menggunakan jenis fender type v 400 H. analisis beban gempa menggunakan tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan dan non gedung SNI-1726-2012. Persyaratan beton structural untuk bangunan gedung SNI-2847-2013, mutu bahan untuk penulangan struktur beton bertulang dengan kuat tekan (f’c) = 29,05 MPa, (fy) = 400 MPa, hasil yang diperoleh dari perhitungan adalah sebagai berikut : ketebalan plat lantai 23 mm menggunakan tulangan D12 – 150 mm, menggunakan tulangan tumpuan ( 3D22/2D22 ) daln lapangan ( 2D22/3D22) , tulangan geser tumpuan D10 – 150 mm, dan tulangan geser lapangan D10 – 150. Untuk struktur balok induk terdapat 1 tipe dengan satu dimensi tersebut yaitu (450 x 650) mm, menggunakan tulangan pokok tumpuan (3D22/2D22) ,lapangan (2D22/3D22), tulangan geser tumpuan D10 – 150 mm, dan tulangan geser lapangan D10 – 150 mm. Pondasi yang digunakan adalah tiang pancang dengan diameter 50 cm, kedalaman 21m .
Kata Kunci : Pelabuhan, Dermaga, Struktur
1)Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung
2)Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung

Dosen Pembimbing: Antonius, Antonius and Niam, Moh Faiqun | nidn0605046703, nidn0612106701
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Mahasiswa FT - Skripsi Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:05
Last Modified: 13 Jan 2020 07:05
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item