Iffani, Dini (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Cover.pdf |
![]() |
Text
Abstrak.pdf |
![]() |
Text
Publikasi.pdf |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf |
![]() |
Text
Lampiran.pdf |
![]() |
Text
Bab I.pdf |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Latar Belakang : World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anakanak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Tercatat 8 sampai 9% anak prasekolah mengalami masalah psikososial khususnya masalah sosial emosional seperti kecemasan, susah beradaptasi, susah bersosialisasi, susah berpisah dari orang tua, anak sulit diatur, dan perilaku agresif. Berbagai stimulasi mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya yaitu gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah di TK Taqwal Ilah Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis deskriptif komparatif yang menggunakan desain penelitian cross sectional, penggumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 54 responden dengan Teknik total sampling. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 37 dari 39 anak (28,8%) menggunakan gadget dengan durasi >1 jam per hari dan memiliki perkembangan psikososial beresiko. Sebanyak 2 dari 39 anak (10,8%) menggunakan gadget dengan durasi >1 jam per hari dengan perkembangan psikososial yang sehat. Simpulan dan Saran : Ada hubungan antara penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah (P value < 0,000) menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua untuk lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak dan perlu adanya pengawasan serta ketegasan dalam memberikan batasan kepada anak dalam bermain gadget.
Kata Kunci : gadget, perkembangan psikososial, anak prasekolah
Dosen Pembimbing: | Febriana, Betie and Setyowati, Wahyu Endang | nidn0623028802, nidn0612077404 |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 02:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 02:29 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/14546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |